Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Ratusan Pengendara Ikut Kampanye Helm SNI

  • Jumat, 11 Desember 2009
  • 1369 kali

Kapolda: Setiap Bulan 28 Orang Meninggal di Jalan

PALU – Ratusan pengendara yang terdiri dari club motor, siswa dan mahasiswa, Kamis (10/12) mengikuti konvoi kampanye penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).
Kampanye penggunaan helm SNI diprakarsai PT Jasa Raharja Sulteng bekerjasama dengan Ditlantas Polda Sulteng. Sebelum melakukan konvoi keliling kota, para peserta mengambil star dari Jalan Raja Moili tepatnya di depan Kantor Dit Lantas Polda Sulteng. Dalam sambutannya, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs M. Amin Saleh, mengatakan kampanye penggunaan helm standar selain dalam rangka sosialisasi Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, juga merupakan upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas yang berakibat pada kematian karena tidak menggunakan helm yang sesuai standar.

Dengan dilaksanakannya kegiatan safety riding dan kampanye keselamatan lalulintas menjadi moment untuk selalu tertib di jalan raya. “Khusus kepada generasi muda diharapkan tertib lalulintas di jalan raya,” terangnya.

Sesuai data internal Polda Sulteng lanjut orang pertama di Polda Sulteng itu, sebanyak 28 orang meninggal dunia di jalan raya setiap bulannya. Korban akibat lakalantas tersebut didominasi usia produktif dan sebagian besar pengendara kendaraan roda dua (sepeda motor).

Senada dengan itu, kepala cabang PT Jasa Raharja Sulteng, Robby Katu’u mengatakan korban lakalantas yang meninggal dunia akibat kelalaian didominasi usia remaja 14 hingga 20 tahun yakni pelajar dan mahasiswa. Dengan kegiatan kampanye penggunaan helm SNI diharapkan pengendara roda dua benar-benar dapat menggunakan helm SNI dengan baik dan benar, sehingga upaya meminimalisir korban lakalantas yang meninggal dunia dapat ditekan.

Kampanye penggunaan helm standar ditandai pelepasan balon dan penyerahan perangkat elektronik trafick light oleh Kapolda ke Wakapolres Palu, serta pelepasan peserta konvoi kampanye penggunaan helm SNI.

Sementara Humas PT Jasa Raharja Sulteng, M Iqbal yang juga ketua Panitia kegiatan mengatakan, ada 900 helm standar Nasional Indonesia (SNI) dibagi-bagikan secara gratis kepada para peserta konvoi. Pemberian helm secara Cuma-Cuma itu diharapkan dapat memotivasi para pelajar yang merupakan usia produktif untuk selalu disiplin berlalulintas. ‘’Pastikan helm yang digunakan berbunyi klik. Ini menandakan bahwa helm yang digunakan memenuhi kualitas SNI sebagaimana yang disyaratkan dalam undang-undang,’’ terang Iqbal. (ron)

Sumber : Radar Sulteng Online, Jum’at 11 Desember 2009
Link : http://www.radarsulteng.com/berita/index.asp?Berita=Palu&id=60985




­