Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Resolusi ISO/GA ke-44: Adaptasi dan Tangguh Atasi Perubahan Iklim dengan Standar

  • Senin, 26 September 2022
  • Humas BSN
  • 683 kali

International Organization for Standardization (ISO) menggelar General Assembly ke-44 pada Kamis, (22/9/2022) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) secara hybrid

Acara yang didapuk sebagai kegiatan puncak ISO Annual Meeting 2022 ini meresolusikan dukungan terhadap program Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 PBB, the Paris Climate Agreement, termasuk memenuhi segala rencana aksi atasi tantangan global dengan adaptasi dan ketangguhan secara berkelanjutan, termasuk implementasi the London Declaration yang menggabungkan kajian ilmiah mengenai iklim dengan kegiatan Standardisasi. 

ISO Secretary-General, Sergio Mujica dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Intergovernmental Panel Climate Change (IPCC) melaporkan secara ilmiah penurunan emisi hingga 50% dari berbagai sektor seperti transportasi, energi, serta konstruksi dapat terealisasi pada tahun 2030.

“Dengan demikian, ISO akan memperkuat kemitraan untuk menjalankan agenda keberlanjutan "People, planet, and prosperity" melalui dua pilar ISO Regional Engagement Policy yang memberikan panduan secara langsung kepada seluruh anggota sesuai konteks kebutuhan masing-masing secara berkelanjutan dan keterlibatan aktif dengan Organisasi Standar di lingkup regional dan sub-regional,” jelas Sergio. 

Berkenaan dengan pencegahan perubahan iklim secara berkelanjutan, ISO Net-Zero Guideline yang merumuskan terminologi, prinsip-prinsip beserta rekomendasinya menjadi bagian dari bahan Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-27 atau COP27 yang dijadwalkan pada 7-18 November 2022 di Sharm El Sheikh, Mesir. 

"Penggabungan berbagai talenta sangat diperlukan untuk merespon berbagai tantangan dunia yang mengemuka melalui Standardisasi," tambah Sergio. 

Hal tersebut sejalan dengan ISO Strategy 2030: a human centric vision making lives easier, safer and better; meeting global needs, all voices heard dan ISO Standards used everywhere

Dalam kesempatan yang sama, ISO memberikan apriesasi berupa pemberian penghargaan kepada Komite Teknis ISO terbaik di tahun 2022 melalui The 2022 Lawrence D. Eicher Leadership Award for excellence in creative and innovative ISO TC/SC services and initiatives dianugerahkan kepada ISO/TC 283, Occupational health and safety management, dengan Sekretariat oleh British Standards Institution (Inggris). 

Sementara itu, Sidang turut memutuskan Presiden ISO periode 2024 - 2025, yang menjalankan tugas sebagai Presiden ISO terpilih mulai 2023 adalah Dr. Sung Hwan Cho (Republik Korea). 

"Dalam masa kepemimpinan ISO yang baru, perbaikan keberlanjutan organisasi akan terus dijalankan sebagaimana yang telah dilaksanakan pada periode kepemimpinan sebelumnya," ungkap Dr. Sung Hwan Cho.

Berikut ini adalah hasil Sidang yang memutuskan Anggota ISO Council 2023-2025 adalah ABNT (Brazil), UNI (Italia), EOS (Mesir), INTECO (Kosta Rika), dan Vice-President (finance) periode 2023 - 2024, Osvaldo Petroni (Argentina). 

Delegasi BSN yang hadir terdiri dari Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri dan Christine Benedicta (Sekretariat PASC). (PjA - Humas).