Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sosialisasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di Universitas Brawijaya

  • Senin, 16 Mei 2022
  • Humas BSN
  • 312 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya melakukan penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyebarluasan Informasi melalui SNI Corner pada kamis (12/5/2022) di Malang, Jawa Timur. Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri dan Kepala UPT perpustakaan Universitas Brawijaya, Irwan Permadi.

Dalam kesempatan ini, BSN memberikan sosialisasi terkait standardisasi pendidikan dan penilaian kesesuaian. Sosialisasi diselenggarakan secara hybrid dihadiri oleh seluruh civitas akademis di lingkungan Universitas Brawijaya dengan tidak melupakan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan implementasi atas pembentukan SNI Corner telah ada di Universitas Brawijaya.

Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri menyampaikan mengenai tupoksi BSN. Zul juga mengatakan bahwa BSN memiliki beberapa kerjasama internasional dan standar internasional tersebut dapat diadopsi dengan mengikuti prosedur standar internasional. Standardisasi dan sertifikasi memiliki beberapa manfaat, yaitu: menjamin posisi UKM menjadi lebih aman dan keselamatan lebih terjamin dan Standar ini digunakan serta diterapkan didalam negeri dan diluar negeri dan dinotofikasikan ke WTO dikala SNI itu diwajibkan. Selanjutnya Zul menjelaskan mengenai prinsip-prinsip dalam merumuskan standar, lingkup standardisasi, pengertian penilaian kesesuaian dan memiliki skema akreditasi diantaranya terkait Laboratorium Penguji dan Kalibrasi (SNI/ ISO 17025), Laboratorium Medik (SNI ISO 15189) dan lainnya. Zul juga menjelaskan mengenai alur sertifikasi SNI produk apabila ada perusahaaan yang ingin barangnya mendapatkan SNI.

Paparan kedua disampaikan oleh Koordinator Substansi Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin yang menjelaskan tentang Standar Sebagai Referensi dalam Pendidikan & Bisnis. Standardisasi sebagai kompetensi karena seluruh civitas akademis termasuk pustawakan perlu memiliki pengetahuan tentang standar. Saat ini BSN memiliki koleksi standar dan referensi SPK sebanyak 61.454 judul. BSN memiliki jalinan kerjasama baik dengan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam hal penyelenggaran SNI Corner sebanyak 32 buah. SNI Corner saat ini memiliki aplikasi terbaru yaitu portal SNI Corner dimana aplikasi tersebut merupakan kumpulan atau rangkuman dari berbagai sumber informasi dan layanan yang ada di BSN.

Pada akhir sesi acara ditutup oleh pemateri akhir, Analis Kemasan BSN, Indra Saefuddin yang menjelaskan mengenai cara penggunaan aplikasi SNI Corner yang terbaru. Aplikasi terbaru ini merupakan pembaharuan aplikasi yang lama.

Melalui Kerja Sama SNI Corner dengan UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya semakin menguatkan peran strategis BSN serta UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya dalam menghimpun, memilih, mengolah, merawat, menyediakan data-data informasi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian. (Dwi/Idr/Akh)