Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium SNSU BSN Perkuat Sinergi dengan Laboratorium Kalibrasi Telkom

  • Jumat, 25 Maret 2022
  • 1603 kali

Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Termoelektrik dan Kimia Badan Standardisasi Nasional (BSN), Ghufron Zaid menerima audiensi dari koordinator mutu laboratorium kalibrasi Telkom, Ni Made Dwidhyana pada Rabu (23/3/2022). Audiensi ini dimaksudkan untuk benchmarking sistem manajemen mutu dan teknis antar laboratorium.

Dalam kesempatan ini, Ni Made Dwidhyana menjelaskan bahwa Laboratorium Kalibrasi Telkom memiliki ruang lingkup kalibrasi di bidang kelistrikan, waktu & frekuensi, dan optik. "Laboratorium ini merupakan laboratorium multilokasi yang terletak di Jakarta, Medan, Surabaya dan Makasar," terangnya.

Ia melanjutkan, sertifikat kalibrasi yang telah diterbitkan oleh laboratorium kalibrasi Telkom selama tahun 2021 mencapai sekitar 5500 sertifikat. "Ketertelusuran peralatan standar utama yang dimiliki Laboratorium Telkom di bidang kelistrikan, dan sebagian di bidang waktu & frekuensi sejauh ini sudah dapat dipenuhi oleh Laboratorium SNSU BSN," tuturnya.

Ghufron menyampaikan, Laboratorium kalibrasi Telkom merupakan salah satu mitra strategis Laboratorium SNSU BSN dalam menyebarluaskan nilai acuan melalui jasa layanan kalibrasi. "Layanan yang diberikan oleh Laboratorium Telkom telah menjangkau masyarakat lebih luas dan merupakan multiple effect yang nyata dari layanan kalibrasi yang telah diberikan oleh Laboratorium SNSU BSN," ujar Ghufron.

Ghufron pun menegaskan bahwa Laboratorium SNSU BSN berkomitmen untuk mendukung seluruh stakeholder. "Kami akan terus berupaya memenuhi kebutuhan kalibrasi yang diperlukan oleh Laboratorium Kalibrasi Telkom, sehingga pada akhirnya dapat mendukung pemeliharaan dan peningkatan mutu layanan telekomunikasi PT Telkom," tegasnya.

Audiensi dilanjutkan dengan diskusi tentang pengendalian risiko, teknis pengukuran kelistrikan dan teknis pengukuran frekuensi. Selanjutnya, tim dari Laboratorium Kalibrasi Telkom pun meninjau laboratorium kelistrikan serta laboratorium waktu dan frekuensi SNSU BSN. (Dit.SNSU TK/ed:Humas)

 

Galeri foto: Laboratorium SNSU BSN Perkuat Sinergi dengan Laboratorium Kalibrasi Telkom




­