Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Karya Tulis Ilmiah Staf BSN Tentang Kompetensi Auditor

  • Selasa, 08 Maret 2022
  • 1448 kali

Pada 28 Februari 2022, Analis Pengawasan Intern Pemerintah pada Inspektorat Badan Standardisasi Nasional (BSN), Dadang Prasetyo Jatmiko, bekerja sama dengan peneliti dari Nigeria Mr. Sunny O. Temile, Dosen Universitas Peradaban, Sutarmin, dan Dosen Universitas Jendral Soedirman, Undri Rastuti telah berhasil menerbitkan karya tulis ilmiah berjudul The Influence Of Auditors Competence, Independence, Experience And Ethics On Audit Quality di penerbit jurnal di negara inggris yaitu International Journal of Economics, Commerce and Management. Penerbit ini sangat berkualitas yang terindeks Econbiz, Global Series Directory UlrichsWeb, Elektronische Zeitschriftenbibliothek dan Scientific Journal Impact Factor.

Menurut Dadang, karya tulis ini tujuannya adalah untuk menilai pengaruh variable kompetensi auditor, independensi, pengalaman, dan etika terhadap kualitas audit baik secara parsial maupun simultan. Lebih lanjut, penerbitan karya ilmiah internasional ini juga dapat memberikan motivasi kerja di lingkungan BSN untuk bekerja sama dengan peneliti dari institusi lain atau bahkan dari negara lain sehingga dapat meningkatkan citra instansi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, independensi, pengalaman dan etika auditor terhadap kualitas audit. Dadang menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria auditor yang telah memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun. Dadang memperoleh data penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada responden di 16 Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah, Indonesia. Kemudian, Dadang menganalisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melihat goodness of fit-nya dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi, independensi, pengalaman dan etika auditor secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Namun kompetensi, independensi, pengalaman dan etika auditor secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.(Dadang/Put-Humas/Red: Arf)




­