Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PASC EC Meeting ke-70 Usulkan Agenda AGM 2022: Perubahan Iklim

  • Rabu, 16 Februari 2022
  • 1315 kali

 

Pacific Area Standards Congress (PASC) Executive Committee Meeting merupakan sebuah forum dengan beranggotakan organisasi standar dunia dalam regional Asia Pasifik, kembali melaksanakan pertemuan rutin yang dihadiri perwakilan anggotanya pada level eksekutif, pada Selasa (15/2/2022) secara virtual.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Sekretariat PASC 2020-2022  turut hadir dengan delegasi dipimpin oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad bersama Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan; Analis Kebijakan Ahli Utama Puji Winarni, serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi, Zul Amri.

Pada momen pertemuan ke-70 ini, para delegasi menyusun rencana penyelenggaraan Sidang Tahunan atau Annual General Meeting (AGM) yang dijadwalkan pada Bulan Mei 2022 mendatang. Para Executive Committee (EC) menyetujui pelaksanaan AGM 2022 digelar secara daring, seperti tahun 2020 dan 2021 yang lalu.

Selain itu, forum yang dipimpin oleh PASC EC Chair, Chantal Guay (Kanada) ini turut membahas rancangan agenda untuk AGM 2022, termasuk Working Group 4 (WG4) yang direkomendasikan fokus membahas isu-isu mengenai perubahan iklim.

“International Organization for Standardization (ISO) memiliki perhatian terhadap isu perubahan iklim. WG4 dapat berfungsi sebagai wadah untuk menakar seberapa kuat perhatian para anggota PASC dalam penanggulangan dampak perubahan iklim,” tutur Anggota PASC asal Jepang, Mitsuo Matsumoto.

Sebagai forum organisasi internasional di kawasan Pasifik, PASC memperkuat kerja sama dengan berbagai organisasi dalam rangka saling berbagi keahlian juga sumber daya di bidang Standardisasi. Oleh karena itu, pada 13 Desember 2021 lalu, PASC telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pan American Standards Commission (COPANT), sebuah organisasi nirlaba yang beranggotakan National Standards Bodies (NSB) di kawasan regional Amerika.

Sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU, Forum PASC kali ini sekaligus membahas usulan rencana aksi yang terdiri dari pertukaran informasi mengenai best practices dalam konteks standardisasi, dimana pelatihan dan capacity buildings menjadi bagian dalam rencana aksi kerja sama PASC dengan COPANT.

Anggota PASC yang hadir dalam Forum PASC ini antara lain perwakilan dari Singapura (ESG); Australia (SA), Kanada (SCC), Tiongkok (SAC), Malaysia (DSM); Jepang (JISC); dan lain-lain. (PjA – Humas/Red: Arf).




­