Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kolaborasi Anggota ISO Regional Asia Pasifik Rancang Kegiatan Strategis 2022

  • Rabu, 26 Januari 2022
  • Humas BSN
  • 780 kali

ISO Regional Asia Pasifik kembali menggelar pertemuan rutin antar anggota yang masih dilaksanakan secara virtual pada Selasa (25/1/2022), yang dikoordinasikan oleh Regional Coordinator (RC), Ike Permata Sari. 

Pertemuan pertama di tahun 2022 ini membahas mengenai rancangan kegiatan strategis para anggota ISO Regional Asia Pasifik, mulai dari penentuan tema pertemuan bulanan dengan skema polling dari para anggota; pembicara atau narasumber; hingga perwakilan salah satu anggota untuk mempresentasikan best practices maupun kegiatan yang mendukung program-program strategis baik secara nasional maupun regional ISO.

Berbicara mengenai workplan atau rancangan kegiatan tahun 2022, para anggota ISO Regional Asia Pasifik memerlukan kolaborasi antar anggota yang bertujuan salah satunya untuk memberikan susunan program secara jelas kepada seluruh anggota. 

“Segala aktivitas yang dijabarkan dalam program ISO Central Secretariat (ISO C/S) Regional Asia Pasifik haruslah jelas, dengan mencantumkan catatan kegiatan yang telah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu serta perencanaan rinci untuk kegiatan yang akan datang. Tak kalah penting penjabaran mengenai target pencapaian dan laporan perkembangan setiap kegiatan yang sedang dilaksanakan,” ungkap perwakilan Enterprise Singapore, Tak Leong Cheong.

Untuk itu, ISO C/S saat ini sedang mengembangkan sebuah website khusus yang menyajikan informasi agenda kegiatan; tautan pendaftaran berbagai inisiatif program ISO; hingga menu untuk mengunduh materi presentasi dari seluruh anggota regional ISO, yaitu Asia Pasifik; Afrika dan Arab; Eropa dan Asia Tengah; serta Amerika dan Karibia. Nantinya, hal tersebut dapat diakses melalui ISO Connect setelah peluncuran resminya di waktu yang akan datang.

Di dalam kesempatan yang sama, Perwakilan dari ISO C/S, Henry Cuschieri menyampaikan mengenai Regional Engagement Policy (REP) yang sebelumnya pernah dipresentasikan, sebagai materi pengingat kepada seluruh anggota. REP terdiri dari dua pilar, yaitu dukungan penuh ISO bagi seluruh anggota dalam konteks regional ISO secara berkelanjutan dan peningkatan kemitraan strategis ISO dengan Organisasi Standar Anggota ISO dalam rangka memaksimalkan manfaat yang dapat dirasakan bagi seluruh pihak.

“Implementasi tujuan REP secara tersentralisasi juga holistik yang melayani seluruh regional ISO, dimana para RC bekerja sama dan saling mendukung diantara keempat regional ISO di seluruh dunia. RC akan memastikan seluruh pilot program ISO berjalan lancar dan dukungan berkelanjutan diberikan untuk para anggota ISO,” tutup Henry Cuschieri. (PjA – Humas).