Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dukung Provinsi Gorontalo Siapkan LSPro

  • Rabu, 29 Desember 2021
  • Humas BSN
  • 294 kali

Produk unggulan daerah di kawasan timur Indonesia sangat beraneka ragam dan memiliki potensi ekspor yang besar. Untuk meningkatkan mutu dan daya saing produk unggulan daerah tersebut, keberadaan laboratorium penguji dan Lembaga sertifikasi produk (LSPro) di suatu wilayah sangatlah penting. Sebagaimana diutarakan oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad dalam Webinar “Peran Strategis Lembaga Penilaian Kesesuaian Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Unggulan Daerah Di Kawasan Timur Indonesia” bahwa tantangan yang dihadapi dalam kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian khususnya di Kawasan Timur Indonesia adalah ketersediaan laboratorium pengujian dan LSPro yang terakreditasi di Kawasan Timur Indonesia masih belum memadai.

Badan Standardisasi Nasional memberi perhatian besar dalam peningkatan jumlah dan sebaran infrastruktur mutu di wilayah Tengah dan Timur Indonesia serta mendukung sektor usaha dan peningkatan daya saing produk unggulan daerah. Hal ini diwujudkan dalam program fasilitasi kepada Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang diberikan berdasarkan kriteria tertentu. Tujuan fasilitasi LPK ini yaitu untuk membantu kesiapan LPK dalam rangka persiapan akreditasi. Sebagai bentuk dukungan pengembangan infrastruktur mutu di Kawasan Timur Indonesia tersebut, BSN melakukan fasilitasi kepada UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Gorontalo.

Fasilitasi berupa bimbingan teknis yang dilakukan oleh BSN bertujuan membantu kesiapan UPTD BPSMB Gorontalo dalam pembentukan LSPro serta penambahan ruang lingkup laboratorium. Sehingga nantinya UPTD BPSMB Provinsi Gorontaalo mampu dan kompeten untuk melakukan sertifikasi maupun pengujian produk unggulan daerah di sekitar wilayah Sulawesi Utara. Kegiatan bimbingan teknis tersebut dilakukan 5 (lima) tahap secara hybrid (on line maupun off line) dan tahap kelima yaitu Pra Audit Kesiapan Akreditasi telah dilaksanakan pada tanggal 02-03 Desember 2021. Menurut Sub Koordinator Fasilitasi Lembaga Sertifikasi (LS) Lembaga Inspeksi (LI) BSN, Tantri Emelia, di Jakarta pada Rabu (29/12/2021), target bimbingan teknis tahap kelima tersebut untuk mereview kesiapan akhir LSPro maupun laboratorium penguji UPTD BPSMB Provinsi Gorontalo sebelum mengajukan aplikasi akreditasi ke Komite Akreditasi Nasional (KAN) (MA).