Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Anugerah Jurnalistik BSN 2021, Ajang Penghargaan Karya Jurnalistik Bidang SPK

  • Rabu, 09 Juni 2021
  • Humas BSN
  • 283 kali

Dalam rangka HUT ke-24, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK) menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik BSN Ke-3 Tahun 2021 bertema "Peran BSN dan Stakeholder dalam Penerapan SNI Menghadapi COVID19 dan Menyongsong Era New Normal”. Setelah melewati periode penulisan 26 Maret 2020 – 21 Mei 2021, rangkaian penilaian dan penjurian untuk menentukan pemenang telah berakhir.

Penyerahan plakat dan piagam Anugerah Jurnalistik BSN Tahun 2021 kepada para pemenang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

“Kami menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dan tentunya apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jurnalis dan media yang secara intensif memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kebijakan BSN dan memberi pengaruh dan kontribusi yang positif terhadap kemajuan Indonesia melalui standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK),” ujar Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam sambutannya.

Kukuh menegaskan bahwa jaringan BSN dengan jurnalis di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian harus terus dijalin. “Tanpa media kita tidak dapat dilihat oleh masyarakat awam. Padahal kita bekerja untuk masyarakat, karena BSN merupakan lembaga pemerintah yang harus bertanggungjawab kepada rakyat,” ungkap Kukuh.

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri menyatakan pelaksanaan acara ini bertujuan memacu para jurnalis mengangkat peranan BSN serta standardisasi, penilaian kesesuaian, metrologi, serta penerapan SNI pada produk di Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini menjadi sebuah momentum untuk menggelorakan semangat bangga menggunakan produk ber-SNI dan tetap mendukung daya saing produk nasional melalui implementasi infrastruktur mutu.

Acara Anugerah Jurnalistik Tahun 2021 turut didukung oleh PT Pupuk Kujang, PT Pertamina Lubricants, Bank Mandiri, Tbk, dan RS Premier Bintaro.

Plakat, piagam, serta hadiah bagi para pemenang diserahkan langsung oleh Kepala BSN, Kukuh S Achmad, Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan, serta para pendukung kegiatan Anugerah Jurnalistik BSN ke-3 Tahun 2021.

Berikut daftar pemenang Anugerah Jurnalistik BSN ke-3 Tahun 2021:

Kategori Jurnalis Media Cetak:

  • Juara Pertama: Andi Riza Hidayat, Irene Sarwindaningrum, Dhanang David Aritonang, Insan Alfajri (Jurnalis Koran Kompas) dengan judul artikel “Nasionalisme dari Sudut Laboratorium di ITB” (Koran Kompas, 3 April 2021)
  • Juara Kedua: Ayu Prawitasari (Jurnalis Solopos) dengan Judul artikel “Standarisasi Produk Anak Negeri, Kunci Aman di Era Kenormalan Baru” (Solopos, 19 Mei 2021)
  • Juara Ketiga: Suwarni Dammar (Jurnalis Koran Sindo Makassar) dengan judul artikel “Berkat SNI, Saus Lombok Dua Jempol Tangguh saat Pandemi” (Koran Sindo Makassar, 3 April 2021)

Kategori Jurnalis Media Online:

  • Juara Pertama: Baban Gandapurnama (Jurnalis Detik.com) dengan Judul artikel “Label 'Naik Kelas' Wisata Alam dan Upaya Lawan Corona” (Detik.com, 21 Mei 2021)
  • Juara Kedua: Ma’sumah Kurniawati (Jurnalis Menara62.com) dengan judul artikel “BSN di Tengah Pandemi, Bantu UMKM Bangkit Melalui Masker Kain Ber-SNI” (Menara62.com, 21 Mei 2021)
  • Juara Ketiga: Arif Koes Hernawan (Jurnalis Gatra.com) dengan judul artikel “Menguji Si Pengendus Corona dengan Standar Dunia” (Gatra.com, 3 Mei 2021)

(put/humas)

Galeri foto:
Anugerah Jurnalistik BSN 2021, Ajang Penghargaan Karya Jurnalistik Bidang SPK