Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pertemuan ACFTA WG-STRACAP ke-5: Upgrading ACFTA 3.0

  • Jumat, 05 April 2024
  • Humas BSN
  • 653 kali

Perundingan perdagangan antara ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) memasuki putaran kelima termasuk di dalamnya perundingan Chapter Standard, Technical Regulations and Conformity Assessment Procedures (STRACAP) dalam skema ASEAN – China Free Trade Agreement  (ACFTA) yang digelar pada Rabu (3/4/2024) secara daring.

Pertemuan dihadiri oleh ASEAN Member States (AMS); Delegasi RRT yang dipimpin oleh Deputy Director Asian and European Affairs Division International Cooperation Department State Administration for Market Regulation China, Chen Jin; serta ASEAN Secretariat.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah yang bertanggung jawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia turut hadir sekaligus memimpin Delegasi Indonesia dalam negosiasi perundingan Working Group (WG) Technical Barriers to Trade (TBT) ACFTA, yang diwakili oleh Analis Standardisasi Ahli Madya BSN, Aderina Uli Panggabean yang didampingi oleh Perwakilan dari BSN.

Forum yang dipimpin oleh Co-Chair ASEAN, Hussalmizzar Hussain ini, bersepakat bahwa ASEAN - RRT berpandangan sama akan pentingnya penerapan SPK dalam memfasilitasi perdagangan melalui pengurangan hambatan teknis perdagangan, transparansi kebijakan dan berbagai pilihan mekanisme keberterimaan hasil penilaian kesesuaian.

Berkenaan dengan hubungan perdagangan yang saling menguntungkan, ASEAN - RRT mendorong penerapan standardisasi untuk mempermudah perdagangan dan investasi, guna memperluas kerja sama sektor yang sedang berkembang seperti perdagangan barang setengah jadi, ekonomi digital, peralatan elektronik, rantai pasok hingga ekonomi hijau, yang dikenal dengan ACFTA 3.0.

Pertemuan ACFTA WG-STRACAP berikutnya dijadwalkan pada Kamis, 25 April 2024 untuk mendiskusikan mengenai International Standards, Guides, and Recommendations; Technical Cooperation; serta Sub-Committee on STRACAP. (PjA – Humas)