Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kunjungi UD Naga Mas Kecap Dua Jempol Berlabel SNI di Gowa

  • Rabu, 07 April 2021
  • 1894 kali

PORTALMAKASSAR.COM – Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standarisasi Nasional (BSN), Zakiyah melakukan kunjungan ke salah satu pelaku usaha saos penerap SNI di Gowa.

Usaha saos tersebut bernama UD Naga Mas Kecap Dua Jempol Gowa milik Narto di Lingkungan Mapalla, Kelurahan Pangkabinagga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Saat berkunjung, Zakiyah menyampaikan jika alasannya melakukan pemantauan untuk melihat bagaimana pemilik usaha mengoperasikan serta menerapkan standarisasi pada produk yang diolahnya.

“Kami ingin memantau langsung proses pembuatan produk cabe dan lainnya. Karena UD Naga Mas Kecap Dua Jempol Gowa ini kan sudah masuk dalam usaha binaan BSN dengan standar SNI jadi untuk tetap mereapkan itu, harus selalu dilakukan pemantauan usaha,” ucapnya kepada portalmakassar.com, Rabu (07/04).

Selanjutnya Narto selaku pemilik Usaha UD Naga Mas Kecap Dua Jempol Gowa mengatakan jika pihaknya selalu menerapkan standar SNI yang diemban oleh produk miliknya sebab ia ingin memberikan jaminan kepada konsumen bahwa barang yang diproduksinya sehat untuk di konsumsi.

“Kami punya tanggung jawab sosial yang perlu saya garis bawahi apa yang disampaikan oleh Ibu Deputi. Semua produk yang diproduksi aman karena sesuai standar. Maka manfaat dari SNI ini sangat luar biasa terhadap produk kami,” bebernya.

Selain menjaga kualitas barang kata dia, juga memberikan jaminan keamanan serta menambah omzet.

“Sebelum dibina BSN, omset saya mentok Rp6 M. Setelah 2017 saya dibina hingga saat ini sekarang omzet saya sampai 1 tahun bisa Rp9 M,” terangnya.

Produk yang diolah Narto sendiri juga selalu menerapkan syarat yang diberikan oleh SNI tanpa pernah memaksakan kehendak.

“Saat ini setelah saya mendapatkan SNI. Dalam satu hari, 6 ton yang diproduksi itupun kami masih kewalahan. Karena stok barang masih kurang tapi hanya sampai di situ kemampuan mesin saya,” bebernya.

Untuk jenis barang yang diolah UD Naga Mas Kecap Dua Jempol Gowa ada 5 jenis produk yakni kecap, saos cabe, saos tomat, cuka makan dan sirup. Tapi yang paling dominan dikonsumsi masyarakat adalah saos cabe dan kecap.

 

Tautan Berita: BSN Kunjungi UD Naga Mas Kecap Dua Jempol Berlabel SNI di Gowa




­