Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Raih ISO 37001, Antam Komitmen Terapkan Manajemen Antisuap

  • Senin, 14 September 2020
  • Humas BSN
  • 146 kali

Bisnis.com, JAKARTA – PT. Aneka Tambang Tbk kian berintegritas setelah berhasil memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001 pada akhir Agustus lalu.   

Sekretaris Perusahaan PT Antam, Kunto Hendraparoko menyampaikan, sertifikasi SMAP merupakan gambaran pelaksaan praktik good corporate governance (GCG) perusahaan tambang itu. 

“Sertifikasi ini didapatkan atas upaya Antam untuk dapat menjalankan bisnis dengan lebih transparan, adil dan zero tolerance terhadap tindakan penyuapan dan fraud,” ujarnya. 

Menurutnya, ketentuan penerapan SMAP berlaku baik untuk Direksi, Dewan Komisaris, pegawai maupun pihak eksternal perusahaan. Adapun pelaksanaan SMAP di Antam tertuang dalam kebijakan Standar 

Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan dimonitor melalui whistleblowing system (WBS). Kunto juga menyampaikan bahwa perusahaannya akan terus menerapkan, memelihara dan  meningkatkan kinerja SMAP secara konsisten. 

“Penerapan SMAP merupakan sistem yang membangun budaya dan nilai-nilai Antam. Selain itu juga cerminan pelaksanaan salah satu core value BUMN – AKHLAK, yaitu amanah,” tambahnya. 

Patut diketahui, SMAP merupakan standar Internasional untuk anti penyuapan, ISO/IEC 37001 yang dipublikasikan oleh ISO dan IEC pada 2016 (SNI/ISO 37001:2016). Sertifikasi ini dimaksudkan untuk membantu organisasi menerapkan sistem manajemen anti-penyuapan yang efektif.

 

Link: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200914/44/1291118/raih-iso-37001-antam-komitmen-terapkan-manajemen-antisuap