Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Semarang Raih Akreditasi SNI ISO/IEC 17025

  • Rabu, 15 Juli 2020
  • Humas BSN
  • 958 kali

Peranan laboratorium lingkungan, sangat vital dalam rangka mendukung tugas pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup, termasuk menyediakan data lingkungan yang valid.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), sekaligus Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad menyerahkan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025 Persyaratan Umum untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi, secara virtual kepada Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang pada acara Virtual Launching Akreditasi Laboratorium DLH Kabupaten Semarang pada Rabu (15/07/2020).

Kukuh menyampaikan, “Lab Lingkungan DLH Kabupaten Semarang ketika mengajukan akreditasi artinya berkomitmen untuk menerapkan standar internasional yang sudah diadopsi menjadi standar nasional yaitu SNI ISO/IEC 17025. Lab DLH Kab Semarang memiliki kompetensi, konsistensi, dan imparsialitas.”  

“Mendapat akreditasi adalah awal, kedepannya untuk terus menjaga kompetensi karena akan diadakan kunjungan surveilance setiap dua tahun sekali. Akreditasi tersebut berlaku hingga lima tahun kedepan,” ungkap Kukuh.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Semarang, Nurhadi Subroto menjelaskan, “Lab Lingkungan DLH Kabupaten Semarang teraktreditasi pada tanggal 2 Juni 2020 yang memiliki salah satu tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) adalah penyediaan kualitas lingkungan dalam rangka kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan.”

Laboratorium Pengujian yang terakreditasi KAN hingga saat ini jumlahnya 1421 laboratorium. Dari laboratorium pengujian yang terakreditasi oleh KAN, diantaranya ada 303 laboratorium dengan lingkup lingkungan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 50% merupakan milik pemerintah, sementara yang lainnya adalah laboratorium milik swasta.

Diharapkan melalui Akreditasi SNI ISO/IEC 17025 ini, peran Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Semarang dalam mendukung tugas pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup termasuk menyediakan data lingkungan yang valid di Kabupaten Semarang akan semakin meningkat. (PjA – Humas).

 

Galeri Foto: Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Semarang Raih Akreditasi SNI ISO/IEC 17025