Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL  

  • Rabu, 15 Juli 2020
  • P N
  • 2026 kali

PENGUMUMAN

Nomor: 2163/BSN/B0-b2/7/2020

TENTANG

 

SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA

DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL

 

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Badan Standardisasi Nasional (BSN), sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan memperhatikan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, serta Surat Edaran No. 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19,  dengan ini kami mengundang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka, dengan ketentuan sebagai berikut.

 

 A. JABATAN YANG LOWONG

Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Inspektur

 

 B. TUGAS DAN FUNGSI JABATAN YANG LOWONG

Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Inspektur

Inspektorat mempunyai tugas melaksanakan pengawasan intern atas pelaksanaan tugas BSN serta menyelenggarakan fungsi:

a.     Penyusunan kebijakan teknis pengawasan intern;

b.     Pelaksanaan pengawasan intern terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;

c.      Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Kepala;

d.     Penyusunan laporan hasil pengawasan; dan

e.     Pelaksanaan administrasi Inspektorat.

 

C. PERSYARATAN

Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
  2. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I (IV/b);
  3. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun;
  4. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator (struktural eselon III.a) atau JPT Pratama (struktural eselon II.b atau II.a) atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya atau setara paling singkat 2 (dua) tahun;
  5. Mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang dinyatakan dengan formulir Surat Persetujuan;
  6. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada tanggal 1 Desember 2020;
  7. Kualifikasi pendidikan minimal S1/D-IV;
  8. Nilai prestasi kerja rata-rata baik dan tidak ada unsur yang bernilai kurang atau cukup dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan melampirkan Penilaian Prestasi Kerja PNS untuk tahun 2018 dan 2019;
  9. Tidak sedang dalam menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  10. Tidak memiliki afiliasi dan atau menjadi anggota Partai Politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif dari Partai Politik;
  11. Sehat jasmani dan rohani;
  12. Telah menyerahkan SPT/PPh Pribadi tahun 2019;
  13. Telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Tahun 2019 bagi wajib lapor LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) tahun terakhir bagi yang tidak wajib lapor LHKPN.

 

D. KETENTUAN PENDAFTARAN

  1. Seluruh proses pendaftaran dan pemberitahuan hasil seleksi disampaikan secara daring (online) melalui situs bsn.go.id. Pelamar diharapkan aktif mengakses situs tersebut untuk mendapatkan informasi proses seleksi terbuka. Semua formulir dapat diunduh untuk kemudian dilampirkan hasil scan dokumen secara lengkap,
  2. Kelengkapan berkas lamaran (scan dokumen) yang harus disampaikan, sebagai berikut:
  • Surat lamaran yang ditanda tangani di atas materai Rp. 6000,-, sesuai format Lampiran 1;
  • Daftar riwayat hidup yang memuat data pribadi, pengalaman riwayat jabatan, riwayat pendidikan, sesuai dengan format Lampiran 2;
  • Surat Persetujuan dari Pejabat yang Berwenang, sesuai dengan format Lampiran 3;
  • Surat pernyataan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, sesuai format Lampiran 4;
  • Surat Pernyataan Netralitas Aparatur Sipil Negara yang bermaterai Rp 6.000,-, sesuai format Lampiran 5;
  • Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
  • Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak;
  • SPT tahun terakhir;
  • Tanda bukti penyerahan LHKPN/LHKASN;
  • Ijazah pendidikan tinggi terakhir;
  • SK pengangkatan dalam pangkat terakhir;
  • SK pengangkatan dalam jabatan terakhir;
  • Sertifikat mengikuti diklat jabatan struktural/fungsional terakhir;
  • Penilaian Prestasi Kerja PNS untuk tahun 2018 dan 2019; dan
  • Surat keterangan sehat dari unit pelayanan kesehatan Pemerintah (dapat diserahkan paling lambat pada waktu wawancara).

3. Semua kelengkapan berkas dan formulir yang telah diisi discan berwarna dalam format pdf dengan tidak lebih dari 20 MB, kemudian dikirimkan ke alamat e-mail: setpansel@bsn.go.id. Apabila file melebihi 20 MB, file dapat dikirimkan melalui beberapa kali pengiriman dengan kapasitas maksimal 20 MB untuk 1 (satu) kali pengiriman. Jika pelamar mengalami kesulitan dapat mengirimkan email ke setpansel@bsn.go.id.

4. Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia Seleksi pada tanggal 29 Juli 2020 pukul 23.59 WIB.

 

 

 E. JADWAL SELEKSI

Berikut tahapan dan jadwal pelaksanaan kegiatan seleksi:

NO

NAMA KEGIATAN

WAKTU

1.       

Pengumuman

14 Juli 2020

2.       

Pendaftaran

14 – 29 Juli 2020

3.       

Seleksi Administrasi

14 – 30 Juli 2020

4.       

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

3 Agustus 2020

5.       

Penulisan Makalah

6 Agustus 2020

6.       

Asesmen Kompetensi Manajerial dan Teknis dengan Metode Wawancara

18 – 19  Agustus 2020

7.       

Pengumuman

26 Agustus 2020

*) Jadwal dapat berubah disesuaikan dengan kondisi dan situasi proses seleksi

 

F. KETENTUAN LAIN

  1. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Dalam seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
  3. Komunikasi dengan Panitia hanya melalui e-mail: setpansel@bsn.go.id;
  4. Setiap perkembangan informasi seleksi ini disampaikan melalui website bsn.go.id. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
  5. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar telah memberikan data/keterangan tidak benar, maka Pansel berhak membatalkan hasil seleksi; dan
  6. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Jakarta, 10 Juli 2020

Sekretaris Utama

selaku Ketua Panitia Seleksi,

                                                                                         

                                                                                                Ttd

 

Puji Winarni

 

Lampiran 1

Lampiran 2

Lampiran 3

Lampiran 4

Lampiran 5