Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Tinggi Dikenalkan KLT BSN Sulsel Kerjasama dengan L2DIKTI Wilayah IX

  • Rabu, 03 Juni 2020
  • 4657 kali

Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah 9IXSulawesi mengadakan kegiatan sosialisasi secara online dengan tema Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi yang berbasiskan pada SNI ISO 21001:2018. Kegiatan ini mengundang khususnya PTN dan PTS di wilayah LLDIKTI 9 serta seluruh PTN dan PTS di seluruh Indonesia serta masyarakat pada umumnya. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 700 orang peserta, yang mengikuti melalui media zoom serta channel youtube LLDIKTI9. Acara dipandu oleh Taufiq Hidayat selaku Kepala KLT BSN Sulsel dan dimoderatori oleh Munawir Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI wilayah IX.

Acara dibuka oleh Kepala LLDIKTI wilayah 9 Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. Beliau menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi Peguruan tinggi dalam penerapan standar di lingkungan organisasinya. Melihat kondisi saat ini, dimana pandemik covid-19 terjadi dan merubah tatanan sistem pembelajaran yang ada saat ini. Perguruan tinggi diminta responsif terhadap pemenuhan kebutuhan Pendidikan saat ini.

Selanjutnya , kegiatan ini diawali dengan paparan yang disampaikan oleh Dr. Zakiyah, MM. selaku Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN. Dalam paparannya beliau menyampaikan bagaimana standar ini memberikan manfaat bagi Perguruan Tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi dalam memberikan pelayanannya di bidang Pendidikan. Penerapan standar ini juga secara sukarela, sebagai bentuk pelampauan atas pemenuhan persyaratan akreditasi organisasi Pendidikan. Dengan diperolehnya sertifikasi SNI ISO 21001:2018, merupakan bukti pengakuan organisasi telah menerapkan sistem manajemen tersebut dalam rangka peningkatan berkelanjutan di organisasi Pendidikan-nya.

Acara kemudian dipandu oleh moderator dengan penyampaian materi dari Narasumber Dr. Drs. Muhammad Rosiawan, MT selaku pakar di bidang Standardisasi dari Universitas Surabaya. Beliau menyampaikan potensi manfaat dari SNI ISO 21001:2018 dalam penyelarasan visi, misi, kebijakan tujuan dan kegiatan dari organisasi pendidikan. Dengan berfokus pada pemenuhan kebutuhan dan harapan dari seluruh pihak yang terkait dengan memberikan pembelajaran yang lebih responsif. SNI ISO 21001:2018 ini memiliki ruang lingkup yang luas, sehingga dapat diimplementasikan di berbagai lingkup organisasi Pendidikan, diantaranya yaitu Pendidikan usia dini, Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, Pendidikan tinggi, Vokasi (termasuk Pendidikan profesi), Pendidikan berkelanjutan. Ditekankan pula sertifikasi SNI ISO 21001:2018 harus diberikan oleh Lembaga Sertifikasi yang sudah terakreditasi KAN.

 Disampaikan juga prinsip dasar SNI ISO 21001:2018 dalam sistem manajemen Pendidikan yang selaras dengan SNI ISO 9001:2015 sistem Manajemen mutu, sehingga jika organisasi sudah menerapkan sistem manajemen mutu akan lebih mudah dalam menerapkan sistem manajemen Pendidikan ini (SNI ISO 21001:2018). Keselarasan SNI ISO 21001:2018 dengan SPMI dan BAN PT juga disampaikan bahwa sistem manajemen Pendidikan ini merupakan pergeseran fokus mutu dari SPMI, yang sebelumnya perbaikan secara berkelanjutan serta berfokus pada kepuasan pelanggan, bertransisi fokusnya menjadi kepuasan pihak terkait tidak terbatas hanya pelanggan saja. Transisi orientasi mutu dari sistem manajemen Pendidikan ini berkembang dengan kinerja organisasi unggul sejalan dnegan kriteria BAN PT.

Dalam sesi diskusi, dibahas mengenai pentingnya komitmen dari pimpinan dalam menerapkan standar ini sehingga dalam implementasinya tidak hanya berupa dokumen tapi memang dilaksanakan dan diterapkan menjadi budaya bagi organisasi Pendidikan. Diharapkan kegiatan sharing knowledge ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam pemahaman mengenai standardisasi khususnya sistem manajemen bagi organisasi Pendidikan yaitu Perguruan Tinggi.

Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi secara online ini perguruan tinggi di Indonesia pada umumnya mulai menerapkan Sistem Manajemen Organisasi pendidikan tinggi berbasis pada SNI ISO 21001:2018 (ketty_KLTSulsel).




­