Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Corner sebagai Ujung Tombak Layanan Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian

  • Sabtu, 12 Oktober 2019
  • David Nicko
  • 299 kali

Bersamaan dengan rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional di Semarang, pada tanggal 11 Oktober 2019 diselenggarakan Temu Pengelola SNI Corner dengan tema "Membangun Sinergi dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian". Bertempat di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pengelola SNI Corner dari seluruh Indonesia. Sampai saat ini BSN telah memiliki 30 jejaring SNI Corner yang berlokasi baik di perguruan tinggi, kementerian/lembaga, maupun instansi dan pemerintah daerah.

Forum dibuka oleh Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi, Iryana Margahayu. Dalam sambutannya, Iryana mengapresiasi antusiasme pengelola SNI Corner untuk mengikuti kegiatan ini. "Peran SNI Corner sangatlah penting untuk ikut mendiseminasikan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian kepada masyarakat di daerah. Terlebih lokasi SNI Corner yang mayoritas berada di perpustakaan perguruan tinggi menjadi seolah jembatan bagi BSN dan kalangan civitas akademika untuk semakin mengenal sekaligus mengembangkan standar di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan ini pula BSN memperkenalkan aplikasi Portal SNI Corner yang secara resmi menggantikan aplikasi SNI Corner sebelumnya terpasang pada outlet SNI Corner. Keunggulan aplikasi Portal SNI Corner ini adalah pada jumlah fiturnya yang lebih lengkap serta database yg telah tersentralisasi sehingga mempermudah proses pembaruan data. Para pengelola SNI Corner yang hadir pun diberikan panduan penggunaan aplikasi agar dapat membantu pengunjung SNI Corner di instansi mereka yang ingin mencari informasi standrdisasi dan penilaian kesesuaian.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing tentang evaluasi, pengembangan, dan pemanfaatan SNI Corner. Diskusi berjalan sangat menarik dan para pengelola begitu antusias menyampaikan ide dan gagasannya. Tampak jelas keinginan para pengelola SNI Corner untuk semakin memajukan outlet SNI Corner di intansinya masing-masing.

Pertemuan ini ditutup dengan sejumlah kesepakatan bersama untuk semakin mengembangkan dan memberdayakan SNI Corner di daerah. SNI Corner diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi ujung tombak pelayanan standardisasi dan penilaian kesesuaian di daerah. (LI)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat