Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pasar Rakyat Didorong Sesuai SNI

  • Selasa, 24 September 2019
  • 1204 kali

BATAMKOTA – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Batam mendorong pasar-pasar rakyat bisa sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Tak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang, tapi juga supaya bisa memberikan kenyamanan masyarakat saat belanja di pasar.

Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau mengatakan, pihaknya akan mendorong pasar-pasar di Batam sesuai SNI. Penerapan SNI pasar rakyat tidak hanya menguntungkan para pedagang, tapi juga menguntungkan para konsumen. Hal ini karena SNI pasar rakyat menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan.

“Ke depan akan kami dorong sesuai dengan SNI. Misal penempatan antara bahan pokok basah dan yang kering harus dipisah. Kemudian juga saluran airnya harus ditata,” kata Gustian, Senin (23/9).

Di pasar rakyat disediakan timbangan di pintu keluar sehingga pembeli bisa melakukan pengecekan terhadap kesesuaian berat barang yang dibelinya. Hal ini juga sebagai pendorong agar para pedagang selalu mengecek kebenaran alat timbangannya.

Hal ini juga yan mendasari Disperindag membuat pasar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dimaksudkan agar bisa menjadi contoh pasar-pasar lainnya. Sebab, pasar TPID tersebut menurut dia sudah sesuai dengan SNI.

“Kami harap pasar lainnya bisa meniru pasar TPID. Termasuk memasang videotron di depan pintu masuk,” katanya.

Sekdirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan RI, Chandrini Mestika Dewi mengatakan di sejumlah daerah saat ini sudah ada pasar rakyat yang berstandar SNI. Walupun persentasenya masih di bawah 20 persen.

“Karena sifatnya kan masih suka rela, jadi pasar yang dirasa sudah siap bisa mengajukan untuk proses verifikasi,” ujarnya.

Menurut dia, banyak fasilitas yang harus dilengkapi agar sesuai dengan SNI. Contohnya pasar harus ada klinik kesehatan, kemudian harus ada tempat untuk melakukan aktivitas untuk mempromosikan pasar itu sendiri kepada pembeli.,

“Kemudian air di dalamnya juga harus ada bebas dari bakteri supaya barang yang dijual sehat,” katanya.

ahmad rohmadi

 

 

Link: https://sindobatam.com/pasar-rakyat-didorong-sesuai-sni/




­