Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PT Asphalt Bangun Sarana beranikan diri ikut SNI Award 2019.

  • Senin, 26 Agustus 2019
  • 4814 kali

PT Asphalt Bangun Sarana (ABS) adalah salah satu peserta baru yang mengikuti ajang SNI Award tahun 2019. Perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor aspal curah ini memberanikan diri untuk mengikuti SNI Award tahun ini sebagai salah satu wujud komitmen dan usahanya untuk menjadi market leader.

Diakui PT ABS, bahwa keikutsertaan dalam SNlAward 2019 untuk yang pertama kali ini penuh dengan tantangan dan masukan, sehingga sedikit banyaknya telah membuka wawasan kendati baru memasuki tahap registrasi. Meski banyak yang harus dilalui sejak tahap registrasi terutama dalam hal kelengkapan dokumen dan tahap pemenuhan Kriteria Penilaian SNI Award 2019, kini, PT ABS terus melaju dan berhasil memasuki tahap site evaluation (SE). Sebagai peserta baru, PT ABS menjalani tahap SE selama 2 (dua hari) pada tanggal 21-22 Agustus 2019, oleh Tim Evaluator SNI Award yang dipimpin oleh Konny Sagala sebagai lead, dan Meira Rini sebagai anggota.


Dalam tahap SE ini, Tim Evaluator SNI Award 2019 menilai dan mengkonfirmasi penerapan standar pada lingkup Depo PT ABS cabang Belawan (Sumatra Utara) beserta manajemen pendukungnya yang ada di head office Jakarta. Diketahui bahwa PT ABS merupakan bagian dari grup TIPCO Asphalt yang merupakan perusahaan terbuka (public listed) di Bangkok, Thailand.


Sebagai distributor aspal curah yang pengelolaan sumbernya ditangani oleh prinsipal (TIPCO Asphalt), bisa dikatakan saat ini aspal curah yang didistribusikan oleh PT ABS belum ada yang didatangkan dari kilang aspal dalam negeri. Namun, PT ABS terus mengikuti perkembangan pemberdayaan aspal alam di Buton (Asbuton) sebagai bahan baku penunjang infrastruktur jalan nasional. PT ABS memandang Asbuton sebagai potensi sumber produk aspal lokal yang jika permurnian kandungan aspalnya berhasil, maka PT ABS berharap dapat mendukung program nasional dengan ikut mendistribusikannya ke berbagai wilayah Indonesia. Tercatat dalam menjalankan jasa distributor aspal, PT ABS telah mengantongi tiga sertifikasi sistem manajemen, yakni Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001, Sistem Manajemen Lingkungan SNI ISO 14001 dan K3 yakni OHSAS 18001.


Dengan mengikuti SNI Award, PT ABS mendapat banyak bimbingan dan masukan yang bermanfaat untuk kemajuan dalam rangka mendukung berjalannya suplai untuk pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia, mengingat kilang untuk aspal curah di Indonesia saat ini hanya ada milik Pertamina dengan kapasitas pengilangan yang tidak mencukupi untuk memasok seluruh kebutuhan aspal curah di wilayah Indonesia. (Dit. PPSPK)




­