Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Unsam Perkenalkan Bata SNI

  • Selasa, 02 Juli 2019
  • Humas BSN
  • 218 kali

LANGSA - Universitas Samudra (Unsam) Langsa memperkenalkan proses pembuatan batu bata berstandar SNI kepada masyarakat Seunebok Baroh, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.

Pelatihan itu dilaksanakan oleh dosen Prodi Teknik Sipil Unsam dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam pembuatan batu bata tanpa bakar. Bata ini merupakan hasil penelitian dosen Teknik Sipil pad 2018 yang didanai hibah DIPA Unsam yang diterapkan kepada masyarakat sebagai unit usaha BUMG yang selama ini tidak efektif.

Tim PKM terdiri dari 3 orang yaitu Faiz Isma ST MT, Irwansyah ST MT dan keduanya dosen Teknik Sipil, UNSAM, dan Dias Setianingsih, SE MBA merupakan dosen Manajemen Unsam selaku anggota II, serta dibantu 2 mahasiswa Teknik Sipil yaitu Salim dan Zulfadli.

Ketua tim PKM, Faiz Isma, Senin (1/7) mengatakan PKM ini didanai dari hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristek Dikti 2019. Menurutnya, kelebihan dari bata tanpa bakar ini dapat meminimalisir kerusakan lingkungan, karena prosesnya tanpa dibakar dan bisa mengurangi dampak peningkatan karbondioksida (CO2).

Dikatakan, batu bata ini tidak menggunakan kayu untuk bahan pembakaran, serta tanah lempung sebagai bahan dasar pembuatan bata secara berlebihan. Dia menjelaskan bahan dasar bata ini dari abu sekam padi yang merupakan limbah pertanian dan mudah diperoleh di kilang padi, khususnya di wilayah timur Aceh.

Ditambahkan, bata yang dihasilkan berkualitas standar Nasional Indonesia (SNI) ini, dalam proses pengeringan hanya membutuhkan waktu 4 hari untuk dipasarkan. Dia menjelaskan, bata tanpa bakar ini lebih efisien dibandingkan dengan proses bakar yang memerlukan waktu sampai dua minggu dari proses cetak sampai siap dipasarkan.

“Pembuatan bata motode tanpa bakar ini tidak perlu modal besar, seperti untuk penyediaan kayu sebagai bahan bakar,” jelasnya. Ditambahkan Faiz Isma, dalam kegiatan PKM ini dihadiri perangkat Gampong Seuneubok Baroh yaitu keuchik, sekertaris desa, Ketua BUMG dan masyarakat Seuneubok Baroh.

Disebutkan, tim PKM memberikan mesin cetak bata mini kepada warga, yang sebelumnya telah dirakit di Bengkel Giat Desa Sriwijaya, Aceh Tamiang, bersama teknisi Elvin Harish Munada Hrp, ST. Serah terima mesin dengan perangkat desa diwakili sekertaris desa.

Tim PKM memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan bata tanpa bakar dengan mesin pencetak bata mini menghasilkan bata murah, praktis, dan ramah lingkungan berkualitas SNI. Anggota tim PKM lainnya, Irwansyah menjelaskan dalam kegiatan ini juga memberikan dan pelatihan penerapan Website e-commerse sebagai wadah promosi hasil gampong, yang juga bisa dimanfaatkan sebagai website Gampong Seunebok Baroh.

Situs itu dapat langsung diupdate oleh pihak gampong melalui operator. Selain itu juga tim PKM memberikan paparan dalam pengelola keuangan usaha pada BUMG seuneubok baroh yang dilakukan oleh anggota Tim PKM Dias Setianingsih SE MBA.

“Kami Tim PKM berharap besar terhadap Gampong Seuneubok Baroh yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang luas, bisa sebagai gampong binaan untuk dosen-dosen di Unsam Langsa,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Gampong Seuneubok Baro, Munzir, dan pendamping gampong, Baihaki menyampaikan terimakasih kepada tim PKM dari Universitas Samudra yang telah memberikan palatihan dalam pembuatan bata tanpa bakar sebagai unit usaha Gampong Seuneubok Baroh.

Pihak gampong berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan seterusnya terutama dalam pemanfaatan sumberdaya alam yang ada di desa ini. Salah satunya di bidang tambak, dimana saat ini pelaku tambak masih membeli pakan dari pabrikan. Munzir mengatakan warga juga berharap ada pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan pakan dari sumber bahan lokal, untuk keperluan pakan tambak dan ternak.(zb)

kegiatan unsam di darul aman

* Memperkenalkan batu bata tanpa bakar

* Bahan dasar dari sekam padi

* Diolah jadi bata dan dikeringkan 4 hari

* Menyerahkan alat mini ke masyarakat

* Membuat situs promosi hasil gampong

 

Link: https://aceh.tribunnews.com/2019/07/02/unsam-perkenalkan-bata-sni



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat