Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perkuat Infrastruktur Mutu, BSN Jalin Kerja Sama Internasional

  • Rabu, 20 Maret 2019
  • 2308 kali

Dalam rangka memperkuat sistem standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi nasional, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya dan Presiden Korea Conformity Laboratory (KCL), Kapseok Yoon, menandatangani perjanjian kerja sama di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian dan metrologi pada Rabu, 20 Maret 2019 di Kantor BSN, Jakarta.

 

"Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk implementasi amanah yang tertuang dalam Undang-Undang No. 20/2014 tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian. BSN bertugas memperkuat sistem standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi, diantaranya melalui kerja sama dengan organisasi internasional" ujar Bambang dalam sambutannya.

 

KCL merupakan organisasi berkewenangan secara internasional dalam hal pengujian, inspeksi, dan sertifikasi yang diakui memberikan jasa pengujian dan inspeksi yang akurat, dapat diandalkan dan aman untuk berbagai produk industri seperti kesehatan dan keselamatan, perangkat medis, lingkungan, komoditas, makanan, kosmetik, dan lain-lain.

 

Kerja sama ini bertujuan untuk memfasilitasi kemitraan teknis yang strategis antara BSN dan KCL berdasarkan keahlian dan teknologi masing-masing untuk saling menguntungkan kedua Pihak. "BSN bersama KCL dapat melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan bersama, pengembangan lembaga penilaian kesesuaian, pertukaran informasi, dan lain sebagainya," jelas Bambang.

 

Bambang berharap implementasi kerja sama ini dilaksanakan secara simultan dan konsisten, sehingga dapat menunjang kemajuan infrastruktur mutu di Indonesia. (ald-Humas)