Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Waspadai Bahan Berbahaya dalam Produk China

  • Rabu, 03 Maret 2010
  • 1763 kali

MEMBANJIRNYA produk mainan dan makanan China di pasar traditional Indonesia akibat pemberlakuan ACFTA perlu diantisipasi pemerintah dan pihak yang berwenang. Sebab, tidak menutup kemungkinan mutu produk impor barang dari China mengandung unsur kimia yang dapat mengancam kesehatan anak-anak.

Negara China pernah menarik merek produk susu karena mengandung unsur melanin, dan tidak menutup kemungkinan unsur kimia seperti merkuri yang sangat berbahaya bagi anak-anak, bisa terdapat pada produk mainan anak-anak yang berasal dari negara China.

Ketua Umum Asosiasi Penggiat Mainan Edukatif danTradisional Indonesia Dhanang Sasongko mengatakan bahwa produk mainan China yang membanjiri pasar dalam negeri Indonesia diduga mengandung unsur kimia timbal yang melebihi standar kandungan produk tersebut.

Sebelum jatuh korban di kalangan anak-anak Indonesia, pemerintah harus melakukan fungsi kontrol yang benar dengan uji laboratorium terhadap segala produk makanan dan mainan dari China. Fungsi lembaga yang ditunjuk untuk melaksanakan Standar National Indonesia (SNI) harus benar-benar optimal.

Indonesia harus berani mengambil sikap tegas apabila menemukan produk dari China yang bermasalah.

Sebab, tiga tahun yang lalu pemerintah Australia pun menarik seluruh mainan Mattel dari China yang telanjur beredar karena mengandung unsur kimia yang membahayakan bagi kesehatan anak dan balita.

Sumber : Media Indonesia, Rabu 3 Maret 2010 Hal. 25 (Surat Pembaca)

Sumiartini
Jl Tanjung Duren Raya
Jakarta Barat
Sumiartini1983@gmail.com




­