Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ASTM International Training melalui Web Conference

  • Kamis, 29 Januari 2009
  • 2181 kali
22/01/2009 Sebagai salah satu realisasi MoU antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan ASTM International, dilaksanakan Virtual Training melalui Web Conference di Ruang Rapat A-BSN dan Ruang Rapat Kepala BSN, Gedung Manggala Wanabakti, Senayan Jakarta pada tanggal 22 Januari 2009.

Sebagai trainer adalah External Relations Director ASTM International, James P. Olshefsky yang memberikan materi langsung dari ASTM International Headquarters di Philadelphia, Amerika Serikat.

Training diikuti oleh 35 orang peserta yang terbagi dalam dua ruangan. Di Ruang Rapat A-BSN terdapat 27 peserta sedangkan di Ruang Rapat Kepala BSN 8 orang. Kepala BSN, Bambang Setiadi sendiri menyempatkan diri untuk meninjau training yang dilakukan.

Materi training kali ini adalah Pengenalan ASTM International, Jenis-jenis Standar ASTM, Struktur ASTM Committee, dan Pengembangan Standar.

ASTM International adalah organisasi pengembangan standar sukarela yang keanggotaannya terbuka kepada siapa saja. 40 TC mengembangkan enam jenis standar ASTM International. Standar ASTM sesuai dengan teknologi terkini dan dikenal karena kualitas teknisnya yang tinggi serta kesesuaian dengan kebutuhan pasar.

Setelah presentasi dilakukan sesi tanya jawab. Dalam Virtual Training ini, peserta dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan trainer melalui suara, chatting, dan web cam.
Antusiasme pegawai BSN untuk mengikuti kegiatan training ini cukup tinggi. Ini ditandai dengan jumlah pendaftar training yang melebihi kapasitas ruangan. Oleh karenanya, training dengan materi yang sama akan dilaksanakan kembali pada tanggal 29 Januari 2009.(arf)