Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Produk Lokal Harus Dilindungi

  • Kamis, 01 Januari 1970
  • 8085 kali
Kliping Berita

KUDUS, suaramerdeka.com - Era pasar bebas seperti saat ini membuat produk lokal kian tersudut. Oleh karenanya produk lokal harus dilindungi agar tidak semakin tergerus oleh produk dari luar negeri.

Kepala Seksi Pengujian Mutu pada Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Senen Nur Hidayat mengatakan, saat ini banyak produk lokal yang kalah saing dengan produk impor. Penyebabnya bervariasi. Mulai dari desainnya yang kalah sampai dengan mutunya yang kalah jauh, serta harganya yang lebih murah.
 
"Sekarang ini negera tidak lagi bisa melindungi produk lokal melalui bea masuk untuk produk impor, sehingga mau tidak mau produk lokal harus berbenah," katanya di sela-sela sosialisasi penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada Produk Industri Hasil Tembakau (IHT) dan makanan minuman di Hotel Abbas, Kamis (15/3).

Pemerintah secara bertahap mewajibkan beberapa produk memiliki sertifikat SNI. Hal ini untuk mengantisipasi persaingan kualitas dari produk luar negeri. Selain itu sebagai bentuk perlindungan konsumen, agar masyarakat mendapatkan produk dengan kualitas yang baik.

Yustiono, praktisi dari Outreach Center Semarang, saat memberikan sosialissi kepada para pengusaha IHT, makanan, dan minuman di Kudus mengatakan, penerapan SNI memiliki peranan penting untuk melindungi produk lokal. "Jika pelaku usaha lokal tidak segera membenahi kulitas atau mengikuti SNI, maka kemungkinan produk kita akan kalah dengan barang impor," jelasnya.

Nugroho Budi Santoso, salah satu narasumber dari  BPSMB mengatakan, saat ini tidak semua produk wajib SNI. Produk yang wajib SNI di antaranya adalah elektronik dan komponennya. Produk ini mendapatkan pengawasan mutu produk dalam negeri. Sedangkan produk yang termasuk impor harus menerapkan sistem manajemen mutu.

Sumber: www.suaramerdeka.com / 15 Maret 2012
Link: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/03/15/112490/Produk-Lokal-Harus-Dilindungi