Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Potensi sumber energi kelistrikan berbasis smart grid masih besar

  • Kamis, 22 Desember 2011
  • 758 kali
Kliping Berita

JAKARTA. Sebagai sebuah negara kepulauan, potensi untuk mengembangkan sumber energi kelistrikan berbasis smart grid cukup besar.

Smart grid merupakan sistem ketenagalistrikan generasi baru yang dicirikan oleh meningkatnya penggunaan komunikasi dan teknologi informasi dalam pembangkitan, distribusi dan konsumsi energi listrik.

Ini merupakan sumber energi kelistrikan dengan konsep terintegrasi dan mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Beberapa sumber energi potensial yang dapat digunakan dalam pengembangan konsep ini adalah panas matahri dan panas bumi.

Rencananya, tahun depan di wilayah Sumba akan terbentuk smart grid pertama Indonesia yang dibangun dengan kapasitas mencapai 500 kilowatt (kw).

Unggul Priyanto, Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Teknologi Informasi Energi dan Informasi, mengatakan, pembangunan smart grid ini akan rampung pada Maret tahun depan, dengan nilai investasi mencapai Rp 42 miliar. Ini adalah panas matahari dan panas bumi.

Memang untuk menyuplai kebutuhan listrik dalam negeri memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Pasalnya letak geografis dengan jumlah pulau yang mencapai 13.487 baru 67% yang sudah mendapatkan saluran listrik.

John Manopo, Ketua Umum Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia (Aperlindo), mengatakan, jika ke depan konsep smart grid ini akan mampu mengakibatkan hilirisasi atau penyerapan produk-produk kelistrikan dari para produsen.

"Namun perlu adanya standarisasi produk sehingga produk-produk yang akan digunakan tertata dengan baik," ujar Johan, Selasa (21/12).

Bambang Setiadi, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) berharap ada investor yang mengucurkan dananya untuk pengembangan konsep smart grid ini.

Sebagai catatan konsep smart grid ini juga sudah dilakukan oleh PT Panasonic Manufacturing Indonesia. Setidaknya sampai saat ini, PT Panasonic telah membangun konsep smart grid dengan daya 1.000 kw di Boalemo, Sulawesi Utara.

Sumber : Kontan Online, Rabu 21 Desember 2011.
Link : http://industri.kontan.co.id/v2/read/1324455884/85830/Potensi-sumber-energi-kelistrikan-berbasis-smart-grid-masih-besar-




­