Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Download Gratis E-Book "Genap SNI 2011"

  • Kamis, 22 Desember 2011
  • 2550 kali

Kata Sambutan Kepala Badan Standardisasi Nasional

Tepat satu tahun lalu, Nopember 2010, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mencanangankan Gerakan Nasional Penerapan (GeNaP) SNI. Gerakan nasional itu dideklarasikan di kantor Wakil Presiden pada tanggal 9 Nopember 2010. Dalam rangka gerakan itu, diluncurkan buku yang di dalamnya memuat misi besar BSN bersama seluruh komponen pemerintah Indonesia yang lain menyiapkan diri menghadapi era perdagangan bebas di tingkat regional, China ASEAN Free Trade Area (CAFTA). Judul buku itu, sama dengan judul utama buku ini, yaitu: SNI Penguat Daya Saing Bangsa, dengan demikian sangat tegas maksudnya, buku ini adalah laporan tindak lanjut dari buku yang diterbitkan pada tahun 2010, terutama perkembangannya dalam satu tahun, 2010-2011.


Dalam buku pertama, ditetapkan dengan sangat rinci sebelas sektor yang sangat terkait dengan CAFTA, dan dirumuskan dengan sangat cerdas 11 langkah bagaimana memposisikan Standar Nasional Indonesia (SNI) berperan menghadapi CAFTA. Buku ini, menjelaskan posisi dan peran SNI dalam bentuk analisis, temuan, keterkaitan dan masalah-masalah yang ada dalam 11 sektor dan 11 langkah yang ditetapkan. Untuk melaksanakan strategi 11 langkah itu, kami sadari bukan hal yang mudah. Keterbatasan kapasitas dihadapkan dengan masalah yang demikian besar dan menyeluruh, maka hampir mustahil sebelas langkah itu diselesaikan dengan sempurna. Namun BSN telah melakukan langkah-langkah yang strategis, antara lain: memberikan insentive pengadaan peralatan pengujian untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas LPK terhadap parameter SNI.


Selain itu, dilakukan pula edukasi penerapan SNI kepada publik.Yang terkait dengan SNI, hasil yang nyata, diterbitkannya sejumlah SNI sesuai kebutuhan industri sebagai hasil proses revisi dan perumusan SNI baru. Hasil pemikiran penting dari kegiatan setahun GeNaP SNI ini adalah perlunya keberpihakan yang tegas dan lugas dalam rangka penerapan dan penguatan SNI di sektor UKM. Pengalaman selama satu tahun ini juga sangat penting, karena dengan pengalaman itu kita memiliki persiapan lebih baik dalam menghadapi kerjasama ASEAN dengan mitra yang lain, yaitu: India, Australia, Korea, New Zealand dan Jepang. Dengan kata lain, buku ini adalah sumbangan ilmu tentang peran SNI menghadapi era globalisasi, yang sudah terjadi dan akan datang.


Download Buku Satu Tahun Genap SNI 2010-2011



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan LAPOR

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat