Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

49 Puskesmas Kelurahan Raih ISO

  • Jumat, 02 Desember 2011
  • 1093 kali
Kliping Berita

Pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas di ibu kota semakin baik. Buktinya, 49 puskesmas kelurahan  DKI Jakarta menerima ISO 9001:2008 atas kualitas pelayanan yang diberikan. Bahkan sebelumnya, sebanyak 36 puskesmas kelurahan juga telah meraih ISO. Dengan begitu, saat ini sudah 85 puskesmas kelurahan di ibu kota yang meraih ISO.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengungkapkan rasa bangganya terhadap pelayanan yang diberikan para petugas puskesmas sehingga berhasil meraih sertifikasi tersebut. Ke depan, ia meminta agar petugas puskesmas dapat mempertahankan prestasi dan memingkatkan pelayanan kesehatan kepada warga. "ISO ini membuktikan pelayanan kesehatan di Jakarta semakin baik. Hal ini tentu saja membanggakan. Namun, jangan cepat berpuas hati. Para petugas puskesmas harus bisa mempertahankan prestasi ini dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga," kata Fauzi, usai memberikan sambutan saat rapat kerja kesehatan daerah, yang diselenggarakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dengan tema `peningkatan profesionalisme SDM kesehatan` bertempat di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, Kamis (1/12).

Fauzi melanjutkan, rapat kerja tersebut memiliki makna strategis dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan. Dengan adanya peningkatan pelayanan kesehatan di Jakarta, sambungnya, angka kematian ibu dan balita berkurang. Selain itu, tambahnya, lamanya usia hidup meningkat hingga 76 tahun. "Hal itu dibarengi dengan adanya perubahan pola hidup yang baik, bersih dan sehat," ujar Fauzi.

Para petugas kesehatan, ungkap Fauzi, harus bisa fokus dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada seluruh warga. Ia pun meminta Dinas Kesehatan agar fokus pada penyelesaian program kerjanya. Selain itu, diperlukan adanya evaluasi mutu pelayanan kesehatan agar lebih baik dan tepat sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, menambahkan, diraihnya ISO tersebut merupakan komitmen dan pembuktian Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kesehatan yang mudah, murah, dan efisien. Dijelaskannya, dari 295 puskesmas kelurahan yang terdapat di seluruh wilayah DKI Jakarta, sebanyak 30 persen sudah memiliki mendapat ISO 9001;2008. Untuk tahun 2012 yang akan datang, pihaknya menargetkan sebanyak 50 persen puskesmas sudah mendapat ISO. Selain itu, sambungnya, pada tahun 2011 sudah diterapkan kebijakan puskesmas rawat inap di tiga puskesmas kecamatan, yaitu Puskesmas Kecamatan Tambora, Puskesmas Kecamatan Kebonjeruk, dan Puskesmas Kecamatan Jagakarsa.

Sumber : Koran Tempo, Jumat 02 Desember 2011, hal 2




­