Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Berikan Penghargaan SNI Award 2011

  • Selasa, 15 November 2011
  • 882 kali
Kliping Berita

Rubric :  Industri
Diposting oleh : Arief Hatta (hatta@wartaekonomi.com)

Dalam upaya  meningkatkan kualitas  produk dan jasa baik dalam proses maupun dalam bentuk produk jadi, Badan Standardisasi Nasional (BSN)  secara terus menerus  mendorong pelaku usaha untuk peningkatan mutu sebagai upaya meningkatkan daya saing nasional dengan memberikan penghargaan SNI Award.

SNI Award 2011 diberikan bertepatan dengan perayaan Bulan Mutu Nasional dan merupakan penghargaan tertinggi Pemerintah RI kepada pelaku usaha (industri/perusahaan lokal) dibidang barang dan jasa yang memiliki kinerja baik dan secara konsisten menerapkan SNI. "Tujuannya tidak lain agar pelaku usaha memiliki semangat tinggi untuk menerapkan SNI dalam produksi dan peningkatan kualitas mutu pelayanan kepada konsumen dan memberikan motivasi bagi pelaku usaha yang lain, sehingga mampu bersaing di pasar domestik maupun global " ujar Bambang Setiadi, Kepala Badan Standardisasi nasional.

Penganugrahan SNI Award 2011 (14/11)  diserahkan langsung doleh Gusti Muhamad Hatta, Menteri Riset dan Teknologi, dan diikuti sebanyak  86 peserta yang terdiri dari 40 perusahaan besar barang, 10 perusahaan besar jasa, 14 perusahaan menengah barang, 16 perusahaan menengah jasa, 5 perusahaan kecil barang dan 1 perusahaan kecil jasa.  Lima  perusahaan yang  keluar sebagai pemenangnya adalah PT Pertamina unit pelumas katagori perusahaan besar barang, PT Gapura Angkasa kantor cabang Bandara Soekarno Hatta katagori perusahaan besar jasa, PT Luvin Indonusa katagori perusahaan menengah barang, PT Gapura Angkasa cabang kantor cabang bandara Sultan Hasanudin  katagori  perusahaan menengah jasa dan UD Gerak Tani katagori perusahaan kecil barang.

Bambang mengatakan dalam pidatonya, Penilaian SNI Award 2011 berbeda dengan  penghargaan lain pada umumnya.  SNI Award tidak dinilai  berdasar perbandingan antar perusahaan melainkan atas dasar  keunggulan dan kinerja dari masing-masing pelaku usaha dikaitkan dengan standar SNI yang diterapkan.

 Sementara Gusti Muhamad Hatta  menyatakan standar nasional memiliki kepentingan terhadap kesejahteraan masyarakat bangsa dan negara. “Disini kita diingatkan bagaimana standar itu pening dalam sektor perdagangan, industri ekonomi dan teknologi. Standar memegang peranan penting dalam rantai teknologi di era perdagangan global. Riset  dan inovasi teknologi sangat menentukan proses standar suatu barang sehingga dapat memberikan jaminan yang tepat,” ujar Menristek.

Sufri Yuliardi

Sumber : wartaekonomi.co.id, Selasa 15 November 2011.
Link : http://www.wartaekonomi.co.id/berita-208583421-bsn-berikan-penghargaan-sni-award-2011.html




­