Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UKM Kreatif Didorong Gunakan Merek

  • Senin, 05 September 2011
  • 1043 kali
Kliping Berita

BANDUNG - Kementerian Perdagangan akan mendorong dan memfasilitasi pembuatan merek [labeling) dan pengemasan produk usaha kecil menengah (UKM) kreatif Hal tersebut bertujuan agar produknya bisa lebih diterima di Tanah Air, bahkan di pasar ekspor.

"UKM kreatif seharusnya tidak segan mengemas produknya dengan baik, sehingga bisa diterima pasar Indonesia dan bahkan di luar negeri," ucap Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, saat mengunjungi J and C Cookies di Bandung, Jawa Barat, akhir Agustus lalu

Namun menurut dia, sebelum hal itu dilakukan, UKM kreatif harus memerhatikan standardisasi yang digunakan. Standardisasi produk yang mengikuti hazard analysis critical control point (HACCP) dan international organization lor standardization (ISO) mutlak dipenuhi jika produk UKM ingin diterima di tingkat nasional maupun ekspor.

Selain itu, kreativitas UKM perlu terus diasah agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas. "Inovasi harus selalu ada agar produk yang dihasilkan juga bisa menarik konsumen," imbuhnya.

Sumber : Investor Daily, 05 September 2011. Hal. 24




­