Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Produk UMKM Terbentur SNI

  • Rabu, 27 Juli 2011
  • 1235 kali
Kliping Berita

SLEMAN (KRjogja.com) - Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan mengaku kelemahan produk UMKM yang ada saat ini menyangkut modal serta penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga sulit memasarkannya. Namun, pemerintah akan mendorong profram factoring dengan manjaring pelaku UMKM dengan sistem kemitraan bersama pengusaha besar.

Menurut Menkop besarnya dana Kredit Usaha Rakkat (KUR) sebesar Rp 20 triliun tidak akan terserap maksimal oleh 54 juta UMKM yang ada. Karena itu, meminta swasta untuk merangkulnya dengan dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sekaligus mengembangkan program kemitraan.

"Progran CRS ini akan memberi kontribusi terhadap UMKM binaaan yang komprehensif sehingga bisa eksis mengemangkan kreativitasnya dan memberi nilai tambah prdouknya. Selain itu mengembangkan factoring terutama bagi pebisnis besar,"ungkapnya.

Menkop menjelaskan melalui program ini, UMKM yang menjadi mitra atau pemasok tetap berusaha mengawasi kualitas produknya demi kepuasan konsumen. Mula dari kemasan hingga kebersihan produknya. (Fir)

Sumber : KRjogja.com, Rabu 27 Juli 2011.
Link : http://www.krjogja.com/news/detail/93998/Produk.UMKM.Terbentur.SNI.html




­