Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Polres Bangka Gelar Operasi Patuh Satam 2011

  • Senin, 18 Juli 2011
  • 873 kali
Kliping Berita

SUNGAILIAT (radarbangak.co.id) - Untuk meningkatkan ketertiban dan menekan angka kecelakaan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Bangka akan menggelar Operasi Patuh Satam 2011 sejak 11 hingga 24 Juli 2011 di wilayah hukum Polres Bangka. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bangka AKBP Asep Ahdiatna, melalui Kasat Lantas Polres Bangka AKP Didit B.W.

Didit menjelaskan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat mengendarai kendaraan. Pertama, faktor keamanan yaitu masyarakat harus merasa aman dari dirinya seperti kendaraan yang digunakan aman, berfungsi dengan baik, serta tidak membawa muatan berlebih.

Faktor lainnya, pengendara hendaknya tertib dan tidak ugal-ugalan di jalan raya. Lalu, faktor ketiga adalah faktor keselamatan yakni pengendara harus mengenakan helm standar SNI, sabuk pengaman bagi kendaraan roda empat dan siang hari harus menyalakan lampu kendaraan bermotor.

Untuk faktor terakhir yakni kelancaran, Didit menghimbau pengendara untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat seperti di tikungan dan melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Selain itu dalam rangka meningkatkan ketertiban, Didit menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan Satlantas yakni patroli rutin dan sosialisasi dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai ke Perguruan Tinggi, intansi  pemerintah dan swasta, serta komunitas kendaraan.

Sebelumnya, Satlantas juga berkerjasama dengan pihak SMU untuk memasukkan materi lalu lintas dalam mata pelajaran dan kemudian berkerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk membuat buku tertib berlalu lintas.

“Tujuan kami untuk meningkatkan dan menyadarkan masyarakat, betapa pentingnya menaati tata tertib berlalulintas,” katanya.

Ditambahkan Didit, dalam Operasi Patuh Satam 2011, pihaknya akan melakukan penindakan dan penegakan hukum bila masih ditemukan pelanggaran lalu lintas dijalan raya.

”Dengan dilakukan operasi ini, masih banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh para pengendara. Apabila itu terjadi, akan kami tindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya. (rif)

Sumber : RadarBangka Online, Senin 18 Juli 2011.
Link : http://www.radarbangka.co.id/berita/detail/sungailiat/1432/polres-bangka-gelar-operasi-patuh-satam-2011.html




­