Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tertib Lalin Dapat Hadiah Helm

  • Senin, 06 Juni 2011
  • 934 kali
Kliping Berita

WONOSOBO - Jajaran Satlantas Polres Wonosobo memberikan hadiah helm standar nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara yang diketahui tertib berlalu lintas sesuai peraturan yang berlaku.

Hal itu merupakan rangkaian operasi mandiri dengan sandi Simpatik 2011 yang akan digelar selama 21 hari, yaitu mulai 1 Juni pukul 00.00 hingga 21 Juni mendatang.

Tujuan operasi tersebut yakni membangun kemitraan dengan masyarakat secara luas. Selain memberikan hadiah juga akan digelar polisi sahabat anak dan police goes to campus.

Kapolres Wonosobo Ajun Komisaris Besar Yaved Duma Parembang melalui Ajun Komisaris Setya Budi Waspada mengemukakan, operasi simpatik tersebut akan digelar setiap hari. Pemantauan terhadap ketertiban pengendara dan sosialiasi berlalu lintas aman akan dilakukan secara terpadu.

Dua sasaran yang menjadi prioritas yakni masyarakat tak terorganisir seperti pengemudi maupun pedagang dan kelompok organisasi masyarakat seperti mahasiswa dan pelajar.

"Operasi simpatik ini untuk menghindari tindakan arogan yang menyebabkan citra polisi jadi negatif," katanya.

Operasi Mandiri
Menurutnya, operasi mandiri kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi operasi Simpatik 2011 tersebut berdasarkan surat telegram yang dikirim pada 27 Mei lalu.

Setya Budi mengatakan, secara umum konsep operasi yakni mengedepankan aksi preemtif sebesar 40 persen, aksi preventif 40 persen, dan tindakan hukum  20 persen secara selektif priotitas bagi para pengendara. "Langkah tersebut untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban lalu lintas," terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tertib karena sejauh ini tingkat kecelakaan di Kabupaten Wonosobo masih cukup tinggi. Pada tahun 2011 ini akan diupayakan ditekan dengan bekerja sama lintas sektoral seperti Dinas Perhubungan dan Bina Marga untuk mencari solusi termasuk kesiapan infrastruktur yang ada di lapangan.

Dalam operasi simpatik tersebut disiapkan puluhan helm SNI yang akan diberikan secara gratis bagi pengendara yang ditemukan mematuhi tertib berlalu lintas, di antaranya kelengkapan surat kendaraan, kaca spion, helm maupun ban standar dan menghidupkan lampu utama pada siang hari. (H67-69)

Sumber : Suara Merdeka.com, Senin 06 Juni 2011
Link : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/06/148713/Tertib-Lalin-Dapat-Hadiah-Helm-




­