Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Informasi Pelaksanaan Jajak Pendapat RSNI Komite Teknis 27-08 Energi Surya

  • Selasa, 06 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 322 kali

Nomor RSNI: RSNI3 IEC 61730-1:2023

Judul RSNI: Kualifikasi keselamatan modul fotovoltaik (FV) – Bagian 1: Persyaratan konstruksi (IEC 61730-1:2023, IDT)

Ruang Lingkup: 

Standar ini menjelaskan dan mendeskripsikan persyaratan konstruksi fundamental untuk modul fotovoltaik (FV) untuk memberikan pengoperasian mekanis dan elektris yang aman. Topik spesifik diberikan untuk menilai pencegahan kejutan elektris, bahaya kebakaran, dan cedera pribadi karena uji tekanan lingkungan dan mekanis. Standar ini berkaitan dengan persyaratan khusus konstruksi. IEC 61730-2 menetapkan persyaratan pengujian. Modul dengan konstruksi yang dimodifikasi memenuhi syarat seperti yang dijelaskan dalam IEC TS 62915.

Standar ini berisikan persyaratan untuk modul FV terestrial yang sesuai untuk pengoperasian jangka panjang dalam iklim terbuka dengan temperatur pengoperasian modul 70 °C atau kurang, pada persentil ke-98. Panduan untuk modul yang digunakan pada temperatur pengoperasian yang lebih tinggi dijelaskan dalam IEC TS 63126. Masa pakai modul yang memenuhi syarat akan bergantung pada desain, lingkungan, dan kondisi modul dioperasikan. Oleh karena itu, hasil pengujian tidak ditafsirkan sebagai prediksi kuantitatif masa pakai modul.

Standar ini dimaksudkan untuk digunakan pada semua bahan modul pelat datar terestrial, misalnya jenis modul silikon kristal dan modul lapisan tipis. Modul FV yang tercakup dalam Standar ini terbatas pada tegangan sistem DC maksimum 1500 V.

Standar ini menetapkan persyaratan dasar untuk berbagai penerapan modul FV, tetapi tidak dapat dianggap mencakup seluruh kode nasional dan regional. Persyaratan spesifik tidak tercakup untuk penerapan pada bangunan, terapung, kelautan, dan kendaraan.

Waktu Pelaksanaan JP: 6 Agustus 2024 s/d 20 Agustus 2024

Komite Teknis: 27-08 Energi Surya

Tanggapan dapat disampaikan melalui email: komtek_meiti@bsn.go.id

Attachment