Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Terima Peer Review dari NMI Jepang, SNSU BSN Buktikan Kemampuan Pengukuran dan Kalibrasi Lingkup Massa

  • Rabu, 07 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 420 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), selaku National Metrology Institute (NMI) di Indonesia, menerima peer review untuk Laboratorium SNSU Massa. Peer review ini bertujuan untuk membuktikan kompetensi serta mempertahankan dan menambah ruang lingkup keberterimaan hasil pengukuran dan kalibrasi di tingkat internasional untuk lingkup massa. Peer review tersebut dilaksanakan pada Senin hingga Rabu, 5 - 7 Agustus 2024 di Serpong, Tangerang Selatan.

Proses peer review dilakukan oleh pakar dari National Metrology Institute Japan (NMIJ), Cheong Kar-Hooi, serta asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Agustinus Praba Drijarkara. Tim Laboratorium SNSU Massa yang menerima peer review dipimpin oleh Metrolog Ahli Madya BSN, Renanta Hayu Kresiani, selaku Ketua Tim Kerja SNSU Massa.

Peer review ini juga bertujuan untuk mempertahankan keberterimaan hasil pengukuran dan kalibrasi untuk lingkup Aliran (Flow) serta menambah keberterimaan hasil pengukuran dan kalibrasi baru untuk lingkup Volume.

Direktur SNSU Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN, Wahyu Purbowasito, dalam pembukaan peer review pada Senin (5/8/2024), menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi SNSU BSN sebagai Lembaga Metrologi Nasional (National Metrology Institute/NMI) Indonesia. Sebagai NMI, SNSU BSN bertanggung jawab terhadap keberterimaan internasional kemampuan pengukuran dan kalibrasi di Indonesia.

Peer review menjadi salah satu tahap yang harus dilakukan Laboratorium SNSU BSN sebagai NMI untuk mendapatkan pengakuan Kemampuan Pengukuran dan Kalibrasi (Calibration and Measurement Capability/CMC) di tingkat internasional. Peer review ini harus dilakukan oleh ahli dari NMI negara lain yang diakui oleh forum organisasi metrologi Asia Pasifik (APMP).

Hingga saat ini, Laboratorium SNSU BSN telah memiliki total 153 CMC yang diakui oleh CIPM-MRA dalam Appendix C dan 390 CMC yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Khusus untuk Laboratorium SNSU Massa, saat ini telah memiliki total 39 CMC yang diakui oleh CIPM-MRA Appendix C dan 118 CMC yang terakreditasi KAN.

Dengan memiliki CMC tersebut, Laboratorium SNSU BSN membuktikan bahwa telah memenuhi standar internasional dalam kalibrasi dan pengukuran, serta ketertelusuran pengukurannya telah diakui secara global.

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono, saat menutup peer review pada Rabu (7/8/2024), mengatakan bahwa hasil dari kegiatan peer review diharapkan dapat menjadi bahan peningkatan kualitas dan perbaikan berkelanjutan bagi Layanan Laboratorium SNSU Massa. “Komentar dan temuan asesor sangat penting bagi kami, sehingga kami dapat memperbaiki diri untuk memberikan layanan pengukuran dan kalibrasi yang lebih baik di masa depan, baik di komunitas nasional maupun internasional,” tutup Kristianto. (ria-humas)