Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung Penguatan Infrastruktur Mutu Nasional, BSN Gelar Pelatihan Teknis SPK di FIMN 2024

  • Rabu, 14 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 164 kali

Sebagai rangkaian kegiatan dalam Festival Infrastruktur Mutu Nasional (FIMN) 2024, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan pelatihan teknis Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) yang digelar selama dua hari pada 12-13 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Berbagai topik pelatihan digelar untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman yang lebih mendalam terkait SPK yang dipandu oleh narasumber dari BSN yang kompeten di bidangnya, yaitu:
1. Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2017 Prinsip dan Persyaratan Umum Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi;
2. Pemahaman SNI ISO/IEC 17043:2023 Persyaratan Umum Kompetensi bagi Penyelenggara Uji Profisiensi;
3. Pemahaman SNI ISO/IEC 17029:2019 Prinsip dan Persyaratan Umum untuk Lembaga Validasi dan Verifikasi, dan
4. Teknik Audit berbasis SNI ISO 19011:2018 Pedoman Audit Sistem Manajemen.

Menurut Ketua Tim Pembinaan Jabatan Fungsional BSN, Heri Kurniawan saat ditemui pada hari kedua pelatihan, Selasa (13/8/2024) mengatakan, tercatat sebanyak 83 peserta mengikuti pelatihan ini. Para peserta berasal dari Lembaga Penilaian Kesesuaian, Laboratorium, Pemerintah daerah, swasta, maupun perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

"Pelatihan teknis ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mendukung penguatan infrastruktur mutu nasional," tutur Heri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad yang hadir meninjau jalannya pelatihan menyampaikan apresiasinya dan mengucapkan terima kasih kepada para peserta pelatihan yang telah belajar bersama dan menjadi generasi penerus di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. (tyo-humas)

 

Galeri Foto: Dukung Penguatan Infrastruktur Mutu Nasional, BSN Gelar Pelatihan Teknis SPK di FIMN 2024