Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Tingkatkan Kompetensi Personil untuk Kuatkan Posisi sebagai Lembaga Metrologi Nasional

  • Minggu, 11 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 190 kali

Sebagai lembaga metrologi nasional (National Metrology Institute/NMI) Indonesia, Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) memiliki kewajiban untuk senantiasa meningkatkan kompetensi personelnya dalam melakukan pengukuran dan kalibrasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi personel adalah dengan memberikan pelatihan dari narasumber praktisi metrologi internasional.

Untuk meningkatkan kompetensi, personel Lab SNSU Fotometri Radiometri dan Lab SNSU Suhu mengikuti pelatihan ‘Optical Radiometry’ di Ruang Mole, Gedung 2 SNSU BSN, Serpong, Kamis (08/08/2024). Pelatihan diberikan oleh praktisi metrologi internasional, Willem Zaaiman dari Belanda yang bekerja di dalam kerangka kerjasama SNSU BSN dengan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB).

Willem memaparkan secara komprehensif, mulai dari sejarah instrumen radiometri, referensi radiometer, inter comparison (perbandingan dengan laboratorium kalibrasi lain), pengumpulan data, analisis data, hingga ketertelusuran dan ketidakpastiannya.

Pelatihan ini dilakukan Lab SNSU Fotometri Radiometri dalam rangka mengupayakan ketertelusuran pengukuran fotovoltaik (PV) yang saat ini belum tersedia di Indonesia. Melalui pelatihan ini diharapkan kompetensi Lab SNSU BSN semakin meningkat, sehingga dapat memberi manfaat yang lebih luas bagi sektor industri dan laboratorium pengujian yang membutuhkan ketertelusuran pengukuran fotometri radiometri dan suhu. (dnh)

 

Galeri foto: SNSU BSN Tingkatkan Kompetensi Personil untuk Kuatkan Posisi sebagai Lembaga Metrologi Nasional