Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sekretaris Utama BSN Meninjau Penerapan SNI ISO/IEC 17025 di Laboratorium Pengujian Produk Herbal Indonesia

  • Jumat, 26 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 433 kali

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo, mengunjungi PT Vicma Lab Indonesia (Vicmalab) yang beralamat di Jalan Abdul Ghani II, No. 22B, Pabuaran, Cibinong, Bogor, pada Kamis (25/07/2024).

Vicmalab adalah salah satu laboratorium terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) atau LP-871-IDN dengan lingkup pengujian parameter mikrobiologi, kimia untuk produk herbal Indonesia seperti jinten hitam, obat tradisional kemasan kapsul, madu, susu bubuk, dan obat cairan luar dan dalam.

Menurut Donny ke depan Vicmalab dapat meningkatkan ruang lingkup pengujiannya untuk produk-produk herbal dan pangan tradisional Indonesia. Pengujian ini untuk pemastian keamanan dan kualitas produk herbal dan obat tradisional Indonesia sesuai dengan regulasi di Indonesia dan negara tujuan ekspor. Donny juga berkesempatan meninjau fasilitas pengujian mikrobiologi, fisika dan kimia Vicmalab.

Sementara itu, Direktur Vicmalab, Suci Indrayani menyampaikan bahwa penerapan SNI ISO/IEC 17025 dan akreditasi KAN sangat bermanfaat bagi Vicmalab. Pertama meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra kami yang akhirnya mereka menjalin kerja sama dengan Vicmalab seperti Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Asosiasi Pengusaha Herbal Muslim Indonesia (APHMI) dan sebagai Laboratorium vender Badan POM RI yang membantu industri untuk pendaftaran izin edar baik produk pangan/obat dalam negeri (MD) maupun luar negeri (ML).

"Kedua, karena kompetensi kami juga diakui atau setara di tingkat internasional, sesuai arahan Pak Donny, kami akan targetkan menambah ruang lingkup termasuk tujuan kami mendukung ekspor produk herbal dan obat tradisional Indonesia," ujar Cici.

Vicmalab yang mengklaim sebagai Mitra Industri Herbal ini merupakan salah satu anak perusahaan CV Vicomas Internasional produsen herbal jinten hitam (habatussaudah) dan sari kurma yang sudah menembus pasar ekspor Ethiopia, Arab Saudi dan Malaysia. Di akhir kunjungan, Donny Purnomo meninjau proses pembuatan obat herbal jinten hitam (habatussaudah) dan sari kurma di pabrik yang berjarak sekitar 5 km dari Vicmalab. (Har/dnh-ed)

 

Galeri foto: Sekretaris Utama BSN Meninjau Penerapan SNI ISO/IEC 17025 di Laboratorium Pengujian Produk Herbal Indonesia