Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Selenggarakan Pelatihan Asesor Skema Produsen Bahan Acuan

  • Kamis, 25 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 233 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN)  menyelenggarakan Pelatihan Asesor ISO 17034:2016 untuk skema Produsen Bahan Acuan (PBA) selama 2 hari pada tanggal 24-25 Juli 2024 secara hybrid di Kantor Badan Standardisasi Nasional (BSN), Jakarta dengan diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari berbagai instansi, baik pemerintah atau swasta.

Analis Standardisasi Ahli Madya BSN selaku Ketua Tim Produsen Bahan Acuan Direktorat Akreditasi Laboratorium BSN, Dea Winiarti dalam pembukaan pelatihan pada Rabu (24/07/24) menyampaikan bahwa pelatihan ini dilakukan dalam rangka melakukan pengembangan untuk skema PBA, dan juga pemenuhan sumberdaya yang kompeten.

Seperti diketahui bersama, KAN merupakan badan akreditasi di Indonesia yang menyelenggarakan kegiatan layanan akreditasi kepada Lembaga Penilaian Kesesuaian (Conformity Assessment Body), seperti Laboratorium, Lembaga Sertifikasi; Lembaga Inspeksi; Lembaga Validasi/Verifikasi; Penyelenggara Uji Profisiensi dan Produsen Bahan Acuan.

Akreditasi Produsen Bahan Acuan merupakan akreditasi yang diperuntukkan bagi organisasi yang menghasilkan bahan acuan yang digunakan oleh laboratorium berdasarkan ISO 17034:2016 “Persyaratan Umum Kompetensi Produsen Bahan Acuan”.

Penggunaan bahan acuan di laboratorium pengujian dan kalibrasi sangat penting untuk menjamin bahwa rantai ketertelusuran yang dibangun ke sistem SI (Satuan Insternasional) tidak terputus. Salah satu faktor kunci yang berpengaruh pada kemampuan laboratorium untuk menghasilkan data uji yang handal adalah ketersediaan bahan acuan dengan nilai yang tersertifikasi yang dapat dijadikan pegangan para penggunanya. Kebutuhan akan bahan acuan terus meningkat seiring dengan meningkatnya presisi peralatan ukur dan persyaratan untuk keberadaan data yang lebih teliti dan handal dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, sangat diperlukan produsen bahan acuan yang dapat dibuktikan kompetensinya.

Pelatihan ini terdiri dari beberapa sesi seperti pre-test, penyampaian materi, quiz dan post-test. Adapun materi yang disampaikan yaitu Overview ISO Guide 30:2015; ISO 17034; Metrological Tracebility; Measurement Uncertainty; Overview Production of RM (ISO 33405:2024); dan Statistical Analysis. Diharapkan, melalui pelatihan ini peserta dapat memberikan kontribusi kepada KAN sebagai asesor dalam melakukan penilaian kesesuaian dan kompetensi kepada produsen bahan acuan. (hps/humas)