Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BULAN MUTU NASIONAL 2024

  • Rabu, 20 November 2024
  • Humas BSN
  • 133 kali

LATAR BELAKANG

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan para pemangku kepentingan standardisasi dan penilaian kesesuaian akan kembali melaksanakan Bulan Mutu Nasional (BMN) yang telah diinisiasi sejak tahun 1991. Kegiatan ini, merupakan puncak kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam satu tahun berjalan. Pada tahun 2024 ini, BMN 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 20 – 21 November 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada tahun 2014, Presiden Republik Indonesia bersama dengan DPR RI menetapkan Undang – undang No. 20 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK). Terdapat perintah dan amanah disana untuk dijalankan oleh Badan Standardisasi Nasional. Tahun  ini, tepat 10 tahun UU tersebut ditetapkan dan diterapkan. Hal ini menjadi momentum yang baik bagi BSN dan stakeholder untuk melakukan evaluasi pencapaian penerapan UU SPK  dan tantangan SPK ke depan dalam menghadapi isu nasional dan global untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045 : Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan. Menangkap arah pembangunan jangka panjang nasional sesuai RPJPN 2025 – 2045, Indonesia saat ini memiliki visi untuk mencapai Indonesia Emas 2045 yang diterjemahkan dalam 8 agenda pembangunan salah satunya dengan mewujudkan transformasi ekonomi

Upaya transformasi ekonomi ini dilakukan melalui industrialisasi; hilirisasi industri, percepatan transisi energi menuju pemanfaatan energi baru dan terbarukan pemanfaatan, energi baru dan terbarukan percepatan transformasi digital, integrasi infrastruktur konektivitas dengan kawasan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan IKN.

Melalui transformasi ekonomi diharapkan dapat menggeser struktur ekonomi yang berbasis komoditas menjadi ekonomi berbasis investasi, produksi dan pelayanan yang memilki nilai tambah tinggi. SPK tentunya mempunyai peran penting dalam mendorong transformasi ekonomi ini, khususnya dalam meningkatkan produktivitas dan  efisiensi produksi, serta memberikan nilai tambah produk dan layanan yang  akan meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia dan kualitas hidup masyarakat. Untuk itulah, BMN 2024 kali ini akan mengangkat tema : “Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Melalui BMN 2024, diharapkan dapat menjadi wadah untuk berdiskusi akan peran SPK dalam mendorong transformasi ekonomi yang mencakup aspek Iptek, inovasi dan produktivitas; penerapan ekonomi hijau; transformasi digital; integrasi ekonomi domestic dan global; serta perkotaan dan pedesaan sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi.

SASARAN PESERTA

Mengundang lebih dari 3000 orang stakeholder yang berasal dari Kementerian, LPNK, BUMN, Pemerintah Daerah, lembaga penilaian kesesuaian (LPK); laboratorium penguji, Lembaga sertifikasi, Lembaga Validasi Verifikasi, asosiasi pelaku usaha, industri penerap SNI, perguruan tinggi dan Masyarakat.

 

RANGKAIAN KEGIATAN BULAN MUTU NASIONAL 2024

20 November 2024

  • Opening Ceremony Bulan Mutu Nasional 2024 & Indonesia Standard and Conformity Assessment Summit
  • Seminar on “fine dust-blocking product” Kerjasama Korea – Indonesia
  • Konferensi Mutu : Generasi Muda Standardisasi
  • Workshop Peningkatan Daya Saing Produk di Bidang Kelautan dan Perikanan
  • Capacity Building Keamanan Siber untuk Medukung Ekonomi Nasional yang Berkelanjutan 

 

21 November 2024

  • Herudi Technical Committee Award
  • FGD Tren Kegiatan Penilaian Kesesuaian di Masa Mendatang
  • Workshop Peningkatan Daya Saing Koperasi dan UKM Indonesia
  • Capacity Building Keamanan Siber untuk Medukung Ekonomi Nasional yang Berkelanjutan
  • Malam Penganugerahan SNI Award

 

PELAKSANAAN BULAN MUTU NASIONAL 2024

Waktu : Rabu dan Kamis, 20-21 November 2024.

Lokasi : Assembly Hall 1 & 2, Merak 1,2 & 3, Jakarta Convention Center.

 

PENYELENGGARA:

PT Toko Mutu Indonesia

Contact Person:

Pramudita W.      Ph/WA : 0812 8800 4959

Budi Triswanto    Ph/WA : 0812 8325 960