Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Raih WTP atas Laporan Keuangan Tahun 2023 dari BPK RI

  • Senin, 22 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 67 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan BSN Tahun 2023. Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan (LK) BSN Tahun 2023 yang diserahkan oleh Anggota II BPK RI, Daniel Lumban Tobing pada Senin (22/07/2024) di kantor BSN Mampang, Jakarta.

Capaian ini merupakan komitmen BSN dalam penyajian kewajaran laporan keuangan yang memperhatikan kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Daniel mewakili BPK RI menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Kepala BSN beserta seluruh jajaran untuk senantiasa menjaga kualitas pelaporan keuangan BSN sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan atas pelaksanaan tugas BSN.

“Terima kasih atas dukungan serta sinergi BSN dengan BPK sehingga tugas pemeriksaan yang dilakukan BPK dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu sesuai amanat peraturan perundang-undangan”, ucap Daniel.

Sementara itu, Kukuh mengapresiasi atas kerja keras seluruh unit di BSN. “Alhamdulillah atas kerja keras dari seluruh unit yang ada di BSN, untuk anggaran tahun 2023, kami memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK RI. Oleh karena itu kami akan terus berkomitmen, bertekad, dan berupaya agar kami dapat mempertahankan opini WTP atas LKPP di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Kukuh.

Kukuh juga menggarisbawahi bahwa anggaran yang digunakan BSN untuk pembangunan di bidang standardisasi di Indonesia adalah uang rakyat sehingga kesesuaian laporan keuangan BSN dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern, adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi.

“Semoga dengan ini semakin memotivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Mengemban tugas-tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kami dengan sebaik-baiknya,” pungkas Kukuh.

Pada kesempatan ini, Kepala BSN hadir didampingi Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo; Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah; Plt. Inspektur BSN, Wahyu Purbowasito; dan Kepala Biro Keuangan dan Umum BSN, Ajat Sudrajat. Dihadiri pula perwakilan pejabat eselon 2 di lingkungan BSN.(ian-humas)

 

Galeri foto: BSN Raih WTP atas Laporan Keuangan Tahun 2023 dari BPK RI