Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Hadiri APAC Annual Meeting di Dubai

  • Senin, 22 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 232 kali

Emirates National Accreditation System (ENAS), Gulf Accreditation Center (GAC) dan Emirates International Accreditation Center (EIAC) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) Annual Meeting 2024 di Dubai, Uni Emirat Arab, 13 – 18 Juli 2024, dihadiri oleh perwakilan dari 65 badan akreditasi nasional di kawasan Asia-Pasifik. APAC bekerja untuk meningkatkan pengakuan dan keberterimaan terhadap hasil penilaian kesesuaian dengan tujuan utamanya memfasilitasi perdagangan internasional para anggota APAC.

Indonesia melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang sekretariatnya berada di Badan Standardisasi Nasional (BSN), merupakan salah satu anggota APAC. Delegasi Indonesia yang hadir dalam APAC Annual Meeting 2024 diwakili oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad; Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo; dan Analis Standardisasi Ahli Madya BSN, Esti Premati.

Sejalan dengan tema "Accreditation: Empowering Tomorrow and Shaping the Future", manfaat akreditasi untuk meningkatkan daya saing industri, inovasi, dan kualitas produk dalam pemanfaatan artificial intelligence (AI) semakin dirasakan.

Pada sesi seminar bertajuk 'Shaping the Future: Innovations and Progress in the UAE', dibahas bagaimana akreditasi dapat membantu mempersiapkan perubahan dan meningkatkan kualitas serta daya saing produk lokal di UEA. Seminar ini dihadiri oleh narasumber dari berbagai lembaga, termasuk MoIAT, Kepolisian Dubai, Dubai Data Establishment, Mohammed Bin Rashid Space Center, dan Abu Dhabi Quality and Conformity Council.

APAC Annual Meeting berfungsi sebagai media bagi badan akreditasi untuk membahas kebijakan, menyelaraskan praktik akreditasi, serta memperluas Multilateral Recognition Arrangement (MRA) untuk bidang-bidang baru seperti sistem manajemen AI. Selain itu, pertemuan ini juga membahas rencana strategis serta pelaporan kegiatan dan keuangan APAC. Dari sidang MRA Council, dilaporkan hasil ballot MRA untuk peer evaluasi yang telah selesai, penambahan sub-scope MRA untuk produk dan validasi/verifikasi. APAC berhasil menambah lingkup MRA IAF untuk lembaga validasi dan verifikasi, yang berarti keberterimaan hasil validasi dan verifikasi akan lebih luas.

Sementara itu, sidang General Assembly menyepakati untuk menerima laporan keuangan, rencana strategis APAC, hasil audit internal, kaji ulang manajemen, serta penanganan keluhan dan banding.

KAN akan menjadi tuan rumah APAC Annual Meeting pada tahun 2026. (Sug/Est/Put)