Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kontribusi ke Organisasi Sesuai Keahlian dan Kompetensi, Modal Pejabat Fungsional untuk Mencapai Karir Tertinggi

  • Rabu, 17 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 227 kali

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo melantik dan mengambil sumpah 83 pejabat fungsional di lingkungan BSN pada Rabu (17/07/2024). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Gedung 1101 BSN yang terletak di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie Serpong, Tangerang Selatan.

Pejabat fungsional yang dilantik pada kesempatan ini terdiri dari 1 pegawai yang memperoleh kenaikan ke jenjang ahli madya dan 2 pegawai mendapat kenaikan ke jenjang ahli muda. Selain itu, sebanyak 79 pegawai yang mengalami perpindahan jabatan ke jenjang ahli pertama, dan 1 pegawai menerima perpindahan jabatan ke jenjang terampil.

Turut hadir dan bertindak sebagai saksi yaitu Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah serta Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN, Y. Kristianto Widiwardono. Pelantikan ini juga dihadiri oleh jajaran Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, serta Ketua Tim Kerja di lingkungan BSN.

Dalam sambutannya, Donny menyampaikan bahwa sistem kerja baru pemerintah telah memungkinkan setiap personil yang memiliki jabatan fungsional mencapai pangkat tertinggi yang ada pada jabatan fungsional tersebut.

“Tentunya kenaikan ke jenjang utama ini tidak bisa didapatkan begitu saja seperti kenaikan pangkat setelah mencapai masa kerja tertentu. Namun harus melalui kontribusi nyata pejabat fungsional tersebut terhadap organisasi dan tujuan nasional berdasarkan keahlian dan kompetensi di bidangnya,” ucap Donny.

Donny juga mengingatkan bahwa pejabat fungsional harus senantiasa mengembangkan kompetensinya dan berkontribusi di tingkat organisasi, nasional, bahkan internasional. “Berbicara mengenai kompetensi jabatan fungsional yang berorientasi keahlian dan keterampilan, kompetensi yang terendah adalah ketika kita sudah merasa kompeten. Setingkat di atasnya, ketika kita merasa biasa saja tapi ternyata banyak dibutuhkan karena kompetensinya. Di atasnya lagi, mampu menggunakan kompetensinya untuk membantu kebutuhan lintas unit kerja di dalam organisasi. Kemudian yang lebih tinggi, yaitu ketika kompetensi kita bermanfaat untuk kepentingan nasional atau bahkan di tingkat internasional,” ujarnya.

“Semangat untuk teman-teman yang dilantik. Kita harus ingat bahwa hanya diri kita sendiri yang bisa merubah nasib kita. Selalu ingat untuk menjadi seseorang yang memiliki profesionalisme dan kompetensi yang tinggi,” pungkas Donny mengakhiri sambutannya. (dnh-humas)

 

Galeri foto: Kontribusi ke Organisasi Sesuai Keahlian dan Kompetensi, Modal Pejabat Fungsional untuk Mencapai Karir Tertinggi