Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Sambut Mahasiswa UPI Bandung untuk Mengenal Metrologi Lebih Dekat

  • Rabu, 05 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 993 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berupaya memperkenalkan kemampuan Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN sebagai National Metrology Institute (NMI / Lembaga Metrologi Nasional) kepada masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membuka kesempatan bagi seluruh kelompok masyarakat akademik (civitas academica) untuk dapat mengenal dan melihat dari dekat kegiatan metrologi yang dilakukan SNSU BSN demi menjamin ketertelusuran pengukuran di Indonesia.

Pada Rabu (05/06/2024), SNSU BSN menerima kunjungan dari Program Studi (Prodi) Kimia Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang ingin mengenal lebih dekat dunia metrologi.

Sebanyak 8 mahasiswa dari Prodi Kimia dan Prodi Magister Kimia didampingi oleh staf pengajar Dr. Soja Siti Fatimah, M.Si. berkunjung ke Gedung Laboratorium SNSU BSN yang berlokasi di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie di Serpong, Tangerang Selatan. Mereka disambut oleh Ketua Tim Kerja Kimia, Dyah Styarini; Metrolog Ahli Madya SNSU Kimia, Harry Budiman; Metrolog Ahli Madya SNSU Waktu dan Frekuensi, Ratnaningsih; Metrolog Ahli Muda SNSU Waktu dan Frekuensi, Yulita Ika; Metrolog Ahli Muda SNSU Kimia, Christine Elishian; dan Metrolog Ahli Pertama SNSU Massa dan besaran turunannya, Fahmy Munawar Cholil.

Tim SNSU BSN memberikan penjelasan kepada rombongan UPI tentang bagaimana SNSU BSN menjamin ketertelusuran pengukuran di Indonesia, terutama untuk bidang kimia, waktu dan frekuensi, serta massa dan besaran turunannya. Soja merasa sangat senang karena dia dan mahasiswanya mendapatkan banyak informasi dan wawasan baru yang sangat menunjang kegiatan perkuliahan.

“Pengalaman dan wawasan baru ini tentu akan sangat berguna bagi rekan-rekan mahasiswa untuk mendukung perkuliahan sekaligus mempersiapkan diri di dunia kerja di laboratorium,” ujarnya.

Selain menyampaikan materi, tim SNSU BSN juga memberi kesempatan para mahasiswa untuk berkunjung ke laboratorium SNSU untuk melihat lebih dekat bagaimana tim SNSU BSN bekerja sehari-hari. Rombongan dibawa mengunjungi laboratorium analisis gas, laboratorium analisis elektrokimia, laboratorium analisis kimia organik dan anorganik, laboratorium waktu dan frekuensi, laboratorium massa, laboratorium aliran, serta laboratorium gaya dan torsi. (dnh)

 

Galeri foto: SNSU BSN Sambut Mahasiswa UPI Bandung untuk Mengenal Metrologi Lebih Dekat