Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sestama BSN Resmi Tutup Peer Evaluation APAC 2024

  • Jumat, 31 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 1426 kali

Sekretaris Utama BSN selaku Plt. Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo, secara resmi menutup kegiatan Peer Evaluation Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) terhadap Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada Jumat (31/4/2024) di Kantor KAN, Jakarta. Hadir dalam Closing Meeting tersebut. Turut hadir dalam acara pembukaan ini para Direktur dan Ketua Tim Deputi Bidang Akreditasi BSN didampingi staf Kedeputian Bidang Akreditasi

Turut hadir pula Tim Peer Evaluator APAC yang terdiri dari :

  1. Apisit Prakarnkamanant (Skema Lembaga Sertifikasi Produk, Proses, dan Jasa sebagai Lead Evaluator, ACFS, Thailand)
  2. Patrick Joseph McCullen (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, IAS, USA)
  3. Vijay Mediratta (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Energi dan Lembaga Validasi dan/atau Verifikasi, QAB, Qatar)
  4. Kim Howard Leighton (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan Food Safety System Certification, JAS-ANZ, Australia)
  5. Zhigao Fu (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi, CNAS, China)
  6. Atefeh Shahverdi (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, NACI, Iran)
  7. Nathathai Sangobpant (Skema Lembaga Sertifikasi Person, NSC, Thailand)
  8. Jason Tan (Skema Lembaga Inspeksi, SAC, Singapore)
  9. Srikanth Ramachandraiah (Skema Laboratorium Kalibrasi, NABL, India)
  10. Adam Gouker (Skema Laboratorium Penguji, A2LA, USA)
  11. Andrew Lewis (Skema Penyelenggara Uji Profisiensi, CALA, Kanada)
  12. Panadda Virounbounyapat (Skema Laboratorium Medik, DMSc., Thailand)

Donny dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan yang telah dilaksanakan selama lebih dari seminggu ini (21 - 31 Mei 2024) berlangsung lancar. KAN, lanjut Donny, sangat mengapresiasi Tim Peer Evaluator yang telah melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Dalam kegiatan ini, Tim Peer Evaluator APAC telah memeriksa serta menyaksikan proses akreditasi yang dilakukan KAN terhadap seluruh skema akreditasi yang telah mendapatkan MRA (Mutual Recognition Arrangement) oleh APAC. Tim Peer Evaluator tersebut melaksanakan penilaian kesesuaian pengoperasian sistem akreditasi terhadap SNI ISO/IEC 17011.

Tim Peer Evaluator APAC menyaksikan langsung proses akreditasi KAN terhadap beberapa lembaga penilaian kesesuaian (LPK). (Awg/Humas)