Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kunjungan BSN ke PT Semen Padang dan BSPJI Padang

  • Selasa, 21 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 1011 kali

Guna mendukung tersedianya Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sesuai dengan kebutuhan nasional, dan pengayaan pengetahuan perumusan untuk pemahaman SDM terkait pengembangan SNI di Bidang Infrastruktur serta Kimia Bahan Konstruksi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan kunjungan ke PT. Semen Padang pada Selasa (14/5/2024) serta Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Padang pada Rabu (15/5/2024) di Padang, Sumatera Barat.

Dalam kunjungannya, Ketua Tim Kerja bidang Infrastruktur, Kebumian dan Kebencanaan BSN, Utomo yang didampingi Tim Kantor Layanan Teknis BSN di Pekanbaru – Riau, Andiko Perdana dan Sasmita Erlangga menyampaikan pentingnya partisipasi aktif stakholder dalam proses pengembangan SNI.

Tidak hanya itu, Utomo juga memaparkan informasi tentang proses pengembangan SNI dan keterkaitannya dengan standar Internasional, proses akreditasi serta pembinaan SNI serta sosialisasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, serta informasi terkait dengan Standar Nasional Satuan Ukuran yang menjadi tugas dan tanggung jawab BSN.

Sebagaimana diketahui, produk semen termasuk dalam salah satu produk pendukung utama pembangunan infrastruktur di Indonesia. SNI terkait semen dirumuskan oleh Komite Teknis 91-02, Kimia Bahan Konstruksi yang bersekretariat di Kementerian Perindustrian. Dalam penerapannya, SNI terkait semen banyak yang diberlakukan secara wajib melalui keputusan Menteri Perindustrian, hal ini untuk menjaga agar produk semen memiliki mutu dan spesifikasi semen yang seragam di seluruh Indonesia.

Komite Teknis 91-02, Kimia Bahan Konstruksi sebagai Komite Teknis yang merumuskan SNI terkait dengan produk semen telah mengusulkan Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) ke BSN dan merumuskan SNI pada tahun 2024.

Berkenan hadir menerima kunjungan, Direktur Keuangan dan Umum PT. Semen Padang, Oktoweri, serta Kepala BSPJI Padang, M. Nilzam.

Utomo berharap dengan adanya kunjungan ke PT Semen Padang dan BSPJI Padang dapat menjaring tanggapan/input terkait proses perumusan SNI lingkup produk semen serta mengetahui penerapan SNI lingkup produk semen di lapangan. (Tim IKK DPS/ red: nda-humas)

 

Galeri Foto: Kunjungan BSN ke PT Semen Padang dan BSPJI Padang