Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan BRIN Bahas Rencana Kerja Sama Pengembangan Riset dan Inovasi di Bidang SPK

  • Jumat, 22 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1983 kali

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo menerima audiensi dari Pusat Riset Teknologi Pengujian dan Standar (PRTPS) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Kamis (21/3/2024) di Kantor BSN, Mampang Prapatan, Jakarta.

Audiensi ini membahas rencana kerja sama terkait sinergitas program riset dan inovasi di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Pihak BRIN yang diwakili Peneliti Utama BRIN, Bambang Prasetya menyampaikan bahwa Inovasi dan standardisasi menjadi elemen penting yang tak dapat dipisahkan.

Bambang yang juga merupakan mantan Kepala BSN mengungkapkan, PRTPS BRIN yang mempunyai tupoksi riset dan pengembangan inovasi di bidang standar dan teknologi pengujian di Indonesia, ingin melakukan reposisi Pusat Riset untuk mendukung program nasional di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan dukungan dan sinergi dengan stakeholder, khususnya BSN yang merupakan lembaga yang bertanggung jawab mengelola standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia. Maka dari itu, BRIN berencana untuk menjalin kerja sama dengan BSN.

Donny menyambut baik rencana BRIN untuk menjalin kerja sama tersebut. Ia juga menegaskan bahwa standardisasi penting untuk mendukung hilirisasi hasil-hasil inovasi. Begitu juga dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang tentunya tidak bisa lepas dari riset dalam penyusunannya.

Donny mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti rencana kerja sama terkait riset dan inovasi di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian tersebut dengan menyiapkan dan mendiskusikan lebih lanjut terkait teknis dan ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan.

Dalam kesempatan ini, Donny didampingi oleh Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Kerja Sama BSN, Anna Melianawati, dan juga Kepala Biro SDM, Hukum, dan Hubungan Masyarakat BSN, Singgih Harjanto. Sementara perwakilan dari BRIN dipimpin Kepala Pusat PRTPS BRIN, Teguh Muttaqie yang hadir bersama tim.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: BSN dan BRIN Bahas Rencana Kerja Sama Pengembangan Riset dan Inovasi di Bidang SPK