Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Corner LIVE Kembali Hadir Kolaborasi dengan UMMAT

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1944 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menggelar kegiatan SNI Corner LIVE Literasi Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) pada hari Rabu (20/03/2024) secara daring. Kegiatan ini bertemakan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam Dunia Pendidikan dan Bisnis yang diikuti 71 peserta dari civitas akademisi UMMAT.

Dalam kesempatan ini, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BSN, Zul Amri mengenalkan konsep standardisasi, metrologi dan penilaian kesesuaian. Standar Nasional Indonesia (SNI) bermanfaat untuk menjamin keamanan produk, baik produksi industri maupun UKM, serta untuk meningkatkan daya saing. Zul juga menjelaskan mengenai perdagangan di dunia, seperti proses notifikasi ke WTO dan konsensus international. BSN menjalin beberapa kerjasama internasional, seperti ISO, IEC dan ASTM dalam bidang prosedur perumusan dan diseminasi standar internasional. Dalam bidang akreditasi berkerjasama dengan ILAC, IAF, PAC dan APLAC. Selain itu Zul juga memberikan gambaran standar bidang manajemen mutu dan keamanan informasi serta skema akreditasi.

Sementara itu, Rektor UMMAT, Abdul Wahab hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara, menyebutkan bahwa fungsi standar tidak diragukan lagi, sangat penting dan strategis pada berbagai pemangku kepentingan, baik sebagai referensi maupun regulasi.

Selanjutnya, Kepala Perpustakaan UMMAT, Iskandar, berharap kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama BSN dan Ummat untuk mendukung caturdharma perguruan tinggi.

Kegiatan literasi menghadirkan Narasumber Pustakawan Muda BSN, Farida Pari, serta dimoderatori oleh Kepala Layanan Perpustakaan UMMAT, Muhammad Bahaudin.

Pustakawan Muda BSN, Farida Pari menjelaskan mengenai sumber-sumber informasi SPK yang dapat dimanfaatkan oleh pustakawan dan civitas akademika. Sumber informasi terintegrasi dalam portal layanan SNI Corner, antara lain layanan perpustakaan BSN, layanan baca standar SNI, layanan pemesanan online, dokumen SNI, direktori SNI, daftar regulasi teknis, direktori laboratorium dan lembaga sertifikasi. Farida juga memaparkan sebaran penerapan SNI Bina UMK dan pemanfaatan dokumen standar di Nusa Tenggara Barat.

Acara SNI Corner Live ini disambut antusias oleh para peserta dengan beberapa pertanyaan yang di tanyakan kepada para pemapar, antara lain penerapan standar halal dalam agama islam dan penerapan SNI wajib.  Acara ditutup dengan kuis terkait materi standardisasi dan penilaian kesesuaian yang disampaikan hari ini.(Nh)