Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bakal Ada Standardisasi Khusus Knalpot Aftermarket, Mirip SNI di Helm

  • Sabtu, 24 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 2415 kali

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) berencana untuk membuat aturan standar baku untuk semua produk knalpot aftermarket alias knalpot brong, aksesori yang tengah ramai diperbincangkan sejak beberapa pekan terakhir.

Rencana tersebut mencuat setelah diadakan sesi diskusi terbuka antara Kementerian Koperasi dan UKM, Asosiasi Knalpot Seluruh Indonesia (AKSI), BSN, dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Melalui agenda tersebut, Kemenkop UKM selaku penggagas diskusi, berharap jika keberadaan standardisasi baru ini bisa memberdayakan pelaku-pelaku industri di sektor produksi knalpot.

Hanung Harimba Rachman, Deputi Bidang UKM Kemenkop mengatakan, BSN seharusnya bisa membuat rentetan pola evaluasi khusus. Terkait knalpot aftermarket, dia berharap akan ada standar serupa dengan SNI pada helm. 

“Saya harapkan ada pembahasan spesifikasi knalpot dan standarisasi knalpot nasional, kalo sudah ada BSN masuk, berarti ada (tanda sertifikasi) yang dilihat kasat mata, seperti di helm, kan ada stiker SNI-nya,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Iriana Margahayu, Direktur pengembangan Standar Mekanika, Energi, Infrastruktur dan Teknologi BSN menjelaskan, pihaknya akan langsung melakukan evaluasi terkait persoalan ini.

Untuk standardisasi, Iriana mengaku jika prosesnya membutuhkan regulasi baku dan pengujian panjang. Kendati demikian, realisasinya diharapkan terjadi dalam waktu dekat.

“Berjalan dengan apa yang disampaikan Pak Deputi regulasinya akan dilakukan akan dilihat kembali kami juga dari Badan Standardisasi Nasional akan bekerjasama dengan pak Deputi dari Kemenkop untuk melihat standarnya kembali,” kata dia.

 

Sumber: otomotif.kompas.com

Tautan berita: Bakal Ada Standardisasi Khusus Knalpot Aftermarket, Mirip SNI di Helm

 

Artikel terkait: 

1. Razia Polisi Salah Sasaran, Kemenkop Usul SNI Knalpot Aftermarket