Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN akan Selenggarakan SNI Award 2024

  • Rabu, 28 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 2725 kali

JAKARTA, balipuspanews.com – Dalam rangka memberikan apresiasi kepada organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten serta berkelanjutan, Pemerintah Republik Indonesia melalui BSN akan menyelenggarakan ajang penghargaan bergengsi, SNI Award 2024. Penghargaan tahunan yang telah berjalan sejak tahun 2005 ini menilai kinerja organisasi melalui evaluasi dokumen (Desk Evaluation) dan lapangan (Site Evaluation).

“Dengan Tim Evaluator dan Dewan Juri yang profesional serta kompeten di bidangnya masing-masing, diharapkan hasil penilaian SNI Award bisa menjadi umpan balik bagi organisasi peserta dalam meningkatkan kinerja,” kata Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad di Jakarta, pada Rabu (28/02/2024).

Menurutnya, SNI Award dirancang untuk memberikan apresiasi kepada organisasi
penerap SNI terbaik yang menunjukkan keberhasilan kinerjanya dan tingkat awareness organisasi terhadap SNI.

“Sasaran SNI Award tidak hanya sekedar penghargaan, namun juga mewujudkan kinerja unggul secara berkelanjutan,” ungkap Kukuh.

SNI Award yang dikenal sebagai salah satu alat untuk mengukur seberapa siap untuk
mengatasi tantangan yang mengemuka saat ini, memiliki pendekatan yang unik dalam penilaiannya. SNI Award mengajak peserta untuk menilai dirinya sendiri terlebih dahulu. Pendekatan proaktif dari peserta untuk self-assessment dilakukan dengan berbasis 7 kriteria SNI Award yaitu kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasi (proses bisnis), analisis dan peningkatan kinerja, serta hasil bisnis.

“7 Kriteria tersebut dikembangkan berdasarkan pendekatan kerangka kerja Malcolm Baldridge, SNI ISO 9004:2018 Manajemen mutu — Mutu organisasi — Panduan mencapai sukses berkelanjutan, serta sistem penilaian kinerja yang lain,” jelas Kukuh S. Achmad.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria.

Tautan Berita: BSN akan Selenggarakan SNI Award 2024

Artikel Terkait:

1. https://www.topbusiness.id/88847/bsn-akan-gelar-sni-award-2024.html

2.  https://padang.pikiran-rakyat.com/eksbis/pr-2257773445/catat-pendaftaran-penghargaan-bergengsi-sni-award-2024-segera-dibuka-simak-kriteria-penerima-dan-linknya?page=all

3. https://www.balipuspanews.com/bsn-akan-selenggarakan-sni-award-2024.html

4. https://technologyindonesia.id/lain-lain/umum-lain-lain/bsn-siap-gelar-sni-award-2024-faktor-esg-jadi-poin-penilaian/

5. https://indonesiakini.go.id/berita/9535202/siap-siap-perusahaan-organisasi-bsn-akan-menggelar-sni-award-2024