Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kembangkan SPK di Perguruan Tinggi, BSN Bekerja Sama dengan UMSU

  • Jumat, 23 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 2297 kali


Untuk mengembangkan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di lingkungan perguruan tinggi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dengan Rektor UMSU, Agussani pada Kamis (22/2/2024) di Kampus UMSU, Medan, Sumatera Utara.

Kukuh mengatakan, dalam kerja sama yang dijalin dengan universitas utamanya adalah untuk mengenalkan tentang pentingnya standardisasi pada perguruan tinggi, terutama kepada mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia kerja. "Melalui kerja sama antara BSN dengan UMSU, diharapkan bisa membekali calon lulusan UMSU untuk menjadi sarjana yang sudah mengenal standar," ungkap Kukuh.

Dalam konteks kerja sama ini, Pembinaan dan Pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi benang merah yang nantinya dapat diimplementasikan melalui berbagai program kegiatan. Di antaranya pengembangan Kurikulum dan Buku Teks/Materi Ajar, Mata Kuliah Standardisasi, Workshop, Magang dan Kunjungan ke Industri, Kompetisi, ToT Dosen, Jejaring Dosen, hingga Pengembangan Elearning .

Kukuh yang dalam kesempatan ini juga menyampaikan kuliah umum yang dihadiri dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas di UMSU menjelaskan, universitas dapat mengajarkan tentang standardisasi melalui materi sisipan dalam mata kuliah tertentu, mata kuliah khusus seperti Mata Kuliah Standardisasi, maupun melalui Kurikulum atau Program Studi tersendiri.

Selain pengenalan dan pengembangan SDM baik kepada mahasiswa maupun dosen, Kukuh juga mengharapkan adanya partisipasi pakar di UMSU dalam pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI), pertukaran data dan informasi, hingga kolaborasi penerapan SNI di lingkungan UMSU. "Jika sudah banyak standar yang diterapkan, UMSU dapat terus naik kelas menjadi World Class University," pungkas Kukuh.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UMSU, Agussani berharap kerja sama ini bisa segera ditindaklanjuti agar implementasi penerapan standar maupun pengembangan kompetensi SDM hingga fasilitas laboratorium yang ada di UMSU dapat segera dilaksanakan. Penandatangan Nota Kesepahaman ini turut disaksikan Wakil Rektor I UMSU, Arifin Gultom, Dekan Fakultas Kedokteran UMSU, Siti Masliana Siregar, serta Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran UMSU, Muhammad Edy Syahputra Nasution.(tyo-humas)

Galeri Foto : Galeri Foto Kembangkan SPK di Perguruan Tinggi, BSN Bekerja Sama dengan UMSU