Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Tengah Siapkan Roadmap Kepemimpinan Indonesia di Forum Codex

  • Kamis, 22 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 2702 kali

Peran aktif Indonesia secara nyata dalam proses pengembangan standar Codex salah satunya dapat dilakukan dengan cara menempatkan wakil Indonesia dalam kepemimpinan di forum Codex. Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Komite Nasional (Komnas) Codex Indonesia tengah menyusun roadmap kepemimpinan Indonesia di forum Codex. Rencananya, roadmap ini akan diluncurkan pada saat perayaan World Standards Day (WSD) pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Demikian disampaikan Kepala BSN, Kukuh S Achmad dalam Rapat Komnas Codex Indonesia di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Selasa (20/2/2024). Menurut Kukuh, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan candidate pools dengan kriteria tertentu yang nantinya akan dipersiapkan sebagai calon wakil Indonesia dalam kepemimpinan di forum Codex.

Menurut Kukuh, Indonesia memiliki potensi dan peluang yang cukup besar. “Dengan potensi yang besar, Indonesia memiliki peran yang kuat dalam forum Codex Allimentarius Commisision (CAC). Kualitas dan standar keamanan pangan Indonesia mampu bersaing dalam perdagangan pangan internasional. Oleh karenanya, kepentingan Indonesia harus bisa benar-benar diperjuangkan dan bisa memfasilitasi akses pasar,” ujar Kukuh.

Dengan menempatkan wakil Indonesia dalam kepemimpinan di forum Codex, Kukuh berharap dapat meningkatkan kualitas dan standar keamanan pangan Indonesia agar mampu bersaing dalam perdagangan pangan internasional serta mendorong perdagangan pangan yang adil dan bertanggung jawab.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Nugraha Mansury mendukung kepemimpinan Indonesia dalam forum Codex. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI, Jokowi agar Indonesia bisa meningkatkan kepemimpinannya di tingkat global. “Partisipasi aktif dan keterwakilan Indonesia di CAC akan bisa mempengaruhi dan memperkuat posisi Indonesia dalam proses penetapan norma-norma global,” tuturnya.

Pahala juga berharap dengan peran aktif tersebut dapat memastikan kepentingan Indonesia dapat terakomodir dalam keputusan yang diambil oleh CAC terutama terkait dengan keselamatan dan keamanan pangan.

Selain roadmap kepemimpinan Indonesia di forum Codex, Rapat Komnas kali ini juga membahas agenda lainnya yakni reviu tindak lanjut hasil rapat Komite Nasional Codex Indonesia tanggal 23 November 2023; laporan kegiatan Codex Indonesia tahun 2023 dan rencana kegiatan Codex Indonesia tahun 2024; serta laporan hasil Sidang Codex.
Hadir dalam acara Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo; Staf Ahli Bidang Manajemen Kemenlu RI, Acep Somantri; Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno; Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo; Direktur Perdagangan, Perindustrian, Komoditas, dan Kekayaan Intelektual Kemenlu, Ditya Agung Nurdianto; Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan, Badan Pangan Nasional, Yusra Egayanti; Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Agus Susanto; Direktur Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Anas Ma'ruf; Institut Pertanian Bogor (IPB), Purwiyatno Hariyadi; Founder PT MBrio Biotekindo, F.G. Winarno; Ketua Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia, Roy Sparringa; The Spring Institute, Sunarya; serta perwakilan dari K/L.

Selanjutnya, rapat Komnas Codex Indonesia pada bulan Juni 2024 diselenggarakan di Kementerian Kesehatan. (nda-humas)

 

Galeri Foto: BSN Tengah Siapkan Roadmap Kepemimpinan Indonesia di Forum Codex